Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 02:17 WIB | Rabu, 19 Oktober 2016

Kolektor Donasikan 102 Karya Seni ke Museum New York

Patricia Phelps de Cisneros (kiri) yang menyumbangkan lebih dari 100 karya-karya besar seni Amerika Latin ke Museum of Modern Art, bersama Glenn D. Lowry, direktur museum. Di belakang mereka adalah lukisan abstrak "Pampatar Board" (1954) karya Alejandro Otero. (Foto: nytimes.com/Benjamin Norman)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Museum of Modern Art New York memperoleh 102 karya seni Amerika Latin, berkat sumbangan kolektor kelahiran Venezuela Patricia Phelps de Cisneros.

Karya seni itu meliputi beberapa lukisan, patung dan karya lainnya dari Brasil, Venezuela dan wilayah Rio de la Plata di Argentina dan Uruguay.

Karya-karya tersebut dibuat antara tahun 1940-an hingga 1990-an oleh 37 seniman, 21 di antaranya karyanya baru masuk Museum of Modern Art untuk kali pertama.

"Banyaknya pemberian ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata museum tersebut dalam sebuah pernyataan, tanpa mengungkapkan nilai material dari donasi tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada Patty Cisneros, untuk dedikasi lama dan tak tergoyahkan bagi seni dan seniman dari Amerika Latin untuk terus mengubah dan memperluas pemahaman dan apresiasi kami terhadap peran penting wilayah itu di sejarah seni modern dan kontemporer," kata direktur museum Glenn Lowry dalam sebuah pernyataan, hari Senin (17/10).

Karya-karya baru tersebut akan bergabung dengan 40 karya lainnya yang sebelumnya sudah diberikan ke museum itu oleh Cisneros dan suaminya Gustavo dan akan digunakan untuk mendirikan sebuah lembaga penelitian bidang seni Amerika Latin, yang diharapkan dibuka dalam waktu satu tahun.

Suami Cisneros, Gustavo adalah kepala dari konglomerat bisnis dan majalah Forbes memperkirakan dia dan keluarganya memiliki kekayaan sebesar dua miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp 26 triliun). (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home