Loading...
BUDAYA
Penulis: Martha Lusiana 20:14 WIB | Rabu, 06 Mei 2015

Komedian Pepeng Tutup Usia

Karikatur Pepeng bersama istri Utami Mariam Siti Aisyah. (Foto: Twitter)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan Indonesia. Ferrasta Soebardi alias Pepeng meninggal dunia di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat, dalam usia 60 tahun, Rabu (6/5) pukul 10.00 WIB.

Pria yang terkenal sebagai presenter acara kuis Jari-Jari ini telah lama mengidap penyakit multiple sclerosis, yakni suatu kelainan peradangan yang terjadi pada otak dan sum-sum tulang belakang yang mengharuskan ia berbaring di tempat tidur dan menggunakan kursi roda selama 10 tahun terakhir hidupnya. Ia juga menderita komplikasi dalam tubuhnya, termasuk penyakit jantung.

Menurut catatan Wikipedia, Pepeng mengawali karirnya di dunia hiburan sejak ia duduk di bangku kuliah. Ia memenangkan lomba lawak mahasiswa pada 1978 sebagai juara pertama. Berkat prestasi itulah, Pepeng mendedikasikan dirinya di panggung lawak Tanah Air.

Bersama Krisna dan Nana Krip, ia membentuk grup lawak “Bahana Joke” dan “FKR 246”. Selanjutnya, ia juga pernah mendirikan grup musik humor “Gmselo”, singkata dari Gerak Musik Seloroh. Oleh Sys NS, pada 1986, Pepeng, Krisna, dan Nana Krip kemudian bergabung dalam “Sersan  Prambors”, sebuah program di radio Prambors.

Sukses dalam dunia lawak, komedian ini mengepakkan sayapnya di industri perfilman. Ia pernah membintangai sejumlah film Indonesia, seperti Rojali dan Juleha (1979), Sama-Sama Enak (1986), dan Anunya Kamu (1986).

Namun ternyata, pria kelahiran Sumenep, Jawa Timur, pada 23 September 1954 tersebut juga pernah mencicipi dunia perkantoran. Ia sempat menjadi pegawai Bank Pinaesaan pada 1988 lalu pindah ke Bakrie Brothers pada 1989.

Pada 1992, nama Pepeng kembali muncul ke permukaan dan menghebohkan masyarakat lewat gaya unik saat membawakan acara telekuis Jari-Jari, sebuah acara interaktif melalui telepon selama tiga menit di layar RCTI.

Pepeng juga berhasil menyelesaikan studi pascasarjana di Universitas Indonesia jurusan Psikologi dengan nilai memuaskan. Ia juga berhasil merampungkan buku motivasi Di Balik Jari-Jari. Atas kegigihannya tersebut, Pepeng dianugerahi penghargaan dari Kick Andy Heroes.

Kini Pepeng telah menghembuskan nafas terakhirnya. Ia meninggalkan istri Utami Mariam Siti Aisyah, dan keempat anaknya, namun nama Pepeng tetap melekat di dunia hiburan Indonesia dan menjadi legendaris di hati para penggemarnya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home