Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:40 WIB | Jumat, 20 September 2019

Kominfo Siap Investigasi Kebocoran Data Penumpang Lion Air

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. (Foto: msn.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan kesiapan membantu penyelesaian masalah kebocoran data penumpang yang dialami Lion Air Group. Kementerian Kominfo bakal melakukan investigasi ihwal kasus tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, mengemukakan hal itu seusai melakukan pertemuan dengan Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi.

“Kemungkinan itu bisa dilakukan. Kita akan koordinasi sama negara tetangga (Malaysia) dan di ASEAN, kalau memang dibutuhkan investigasi dari kami, bisa bantu dari sini juga,” kata Semuel di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Dirjen Aptika mengungkapkan, kebocoran data penumpang Lion Air Group diduga ada oknum yang melakukan hacking. Karena itu, dalam sisi regulasi, otoritas di Malaysia juga memiliki undang-undang yang sama dengan Indonesia.

Dirjen Semuel menegaskan, kasus kebocoran data penumpang ini termasuk bagian dari akses illegal akses, sehingga oknum terkait bisa mendapatkan sanksi pidana sesuai dengan beleid yang berlaku.

“Siapa pun yang melakukan illegal access itu juga ada sanksi pidananya, dan itu bagian dari perlindungan data pribadi. Bagi pengendali harus juga memastikan sistemnya aman. Tapi, juga siapa pun yang melakukan illegal access, apalagi membocorkan data, kita sedang selidiki siapa yang bertanggung jawab,” ia menambahkan.

Selain itu, Dirjen Aptika juga mengapresiasi upaya Lion Air Group yang dengan cepat menindaklanjuti viralnya kasus tersebut, salah satunya dengan melaporkan langsung kepada aparat penegak hukum di Malaysia. (kominfo.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home