Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:01 WIB | Jumat, 25 September 2020

Komisi Eropa Minta Negara Anggota Tegas Tegakkan Protokol Kesehatan

Komisioner Uni Eropa, Stella Kyriakides, mengatakan pada konferensi pers di Brussels, Belgia, hari Kamis (24/9). (Reuters)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Komisi Eropa mendesak negara-negara anggota UE untuk lebih menjelaskan dan menegakkan protokol kesehatan, teramsuk jarak sosial dan aturan kebersihan untuk menghentikan kembalinya gelombang baru infeksi virus corona yang berbahaya.

Komisaris kesehatan, Stella Kyriakides ,mengatakan hari Kamis (24/9): “Di beberapa negara anggota, situasinya sekarang bahkan lebih buruk daripada saat puncaknya pada bulan Maret. Ini benar-benar memprihatinkan. Semua negara anggota perlu segera melakukan tindakan dan pada waktu yang tepat saat tanda pertama potensi wabah baru muncul.”

Eropa sekarang mencatat lebih dari lima juta kasus virus corona, dan beberapa negara telah mulai menerapkan kembali aturan penguncian lokal untuk mencegah kembalinya penyebaran yang tidak terkendali.

Tingkat kematian belum kembali ke tingkat yang terlihat awal tahun ini, tetapi kasus infeksi baru melonjak sekali lagi di banyak daerah.

Kyriakides, yang kantornya berusaha mengoordinasikan tanggapan di 27 negara anggota, memperingatkan bahwa beberapa daerah jelas-jelas mulai mencabut pembatasan terlalu cepat.

“Artinya, sangat jelas, adalah bahwa langkah-langkah pengendalian yang diambil tidak cukup efektif atau tidak ditegakkan atau diikuti sebagaimana mestinya,” katanya. “Kami tidak bisa menurunkan pertahanan kami. Krisis ini tidak ada di belakang kita. Selain itu, musim dingin adalah waktu dalam setahun untuk lebih banyak penyakit pernapasan, termasuk influenza musiman."

Dan dia memperingatkan: "Hari ini kami di sini untuk meminta semua orang untuk bertindak tegas... ini mungkin kesempatan terakhir kami untuk mencegah terulangnya musim semi lalu."

Kyriakides mengatakan bahwa pemerintah negara anggota harus memerangi informasi yang salah tentang virus dan menjangkau kaum muda untuk mencegah protes dan teori konspirasi.

Dia memperingatkan mereka harus bertindak cepat untuk mencegah penguncian umum kembali, yang menurutnya akan merugikan secara ekonomi, pendidikan dan kesehatan mental masyarakat. (AFP)    

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home