Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:28 WIB | Senin, 11 Januari 2021

Kongres AS Sedang Bergerak untuk Pemecatan Trump

Ketua Kongres, Nancy Pelosi. (Foto: AP)

WASHUNGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Partai Demokrat pada hari Jumat (8/1) membahas apakah akan melanjutkan pemecatan cepat terhadap Presiden Donald Trump jika Kabinetnya tidak mencoba untuk menggulingkannya terlebih dahulu. Ini tindakan cepat dua hari setelah Capitol AS diserbu massa pro Trump yang disulut oleh sruan trump dan dinilai sebagai pemberontakan.

Partai Demokrat di Kongres mengadakan pertemuan kaukus pada siang hari, yang pertama sejak peristiwa mengerikan hari Rabu (6/1) di Capitol, dan dapat membahas artikel pemecatan terhadap Trump paling cepat pekan depan. Ketua Kongres, Nancy Pelosi, membahas prospek pemecatan dengan tim kepemimpinannya pada hari Kamis (8/1) malam, beberapa jam setelah mengumumkan bahwa Kongres bersedia bertindak jika Wakil Presiden, Mike Pence, dan pejabat lainnya tidak menggunakan Pasal 4 dari Amandemen ke-25, pencopotan paksa terhadap Trump dari kekuasaan oleh kabinetnya sendiri.

Lima orang dilaporkan tewas akibat kekerasan di Capitol, termasuk petugas polisi, Brian Sicknick. Pelosi mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa kematian Sicknick "mengingatkan kita tentang kewajiban kita kepada orang yang kita layani: untuk melindungi negara kita dari semua ancaman asing dan domestik." Dia mengatakan mereka yang bertanggung jawab atas kematian petugas itu "harus dibawa ke pengadilan."

Prosedur Pemecatan Dibahas

Meskipun Trump memiliki kurang dari dua pekan dalam jabatannya sebagai presiden, anggota parlemen dan bahkan beberapa di pemerintahannya mulai membahas opsi untuk pemecatannya pada hari Rabu sore, ketika Trump pertama kali mendorong kerumunan untuk berbaris di Capitol, kemudian menolak untuk secara paksa mengecam serangan kekerasan itu dan tampaknya justru memaafkannya.

Aggota Kongres dari Partai Republi, Katherine Clark, dan anggota kepemimpinan Partai Demokrat, mengatakan langkah-langkah prosedural dapat memungkinkan mereka bergerak jauh lebih cepat daripada yang mereka lakukan pada upaya pemecatan Trump tahun lalu.

“Saya dapat memastikan bahwa kami telah melakukan diskusi tentang hal itu dan saya berharap bahwa pembicara akan maju jika wakil presiden menolak untuk melakukan apa yang harus dia lakukan berdasarkan Konstitusi,” kata anggota dari Partai Republi, James Clyburn, dikutipCNN. Dan menyebutkan, semua orang tahu bahwa presiden ini gila.

Salah satu kritikus Trump dari Partai Republik, Senator Ben Sasse dari Nebraska, mengatakan dia "pasti akan mempertimbangkan" pemecatan. "Presiden telah mengabaikan sumpah jabatannya," kata Sasse hari Jumat dikutip "CBS Pagi Ini."Dia mengatakan apa yang Trump lakukan adalah "jahat" menghasut massa ke Capitol.

Jika Kongres mendakwa, "Saya pasti akan mempertimbangkan pasal apa pun yang mungkin mereka lakukan untuk memecat," kata Sasse.

Menggunakan Amandemen ke-25

Pelosi dan pemimpin Senat dari Partai Demokrat, Chuck Schumer, telah menyerukan Kabinet Trump untuk menggunakan Amandemen ke-25 Konstitusi untuk memaksa Trump lengser dari jabatannya sebelum Presiden terpilih Joe Biden dilantik pada 20 Januari. Schumer mengatakan dia dan Pelosi mencoba menelepon Pence pada Kamis pagi untuk membahas opsi itu tetapi tidak dapat terhubung dengannya.

Pelosi selama konferensi baru pada hari Kamis menantang nama beberapa anggota Kabinet, termasuk Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, dan Menteri Keuangan, Steve Mnuchin. “Apakah mereka mendukung tindakan ini?” Tanya Pelosi. “Apakah mereka siap untuk mengatakan bahwa selama 13 hari ke depan orang berbahaya ini dapat melakukan kerusakan lebih lanjutan pada negara kita?”

Sebagian besar anggota dari Partai Demokrat, dan banyak dari Partai Republik, menyalahkan Trump setelah ratusan pengunjuk rasa yang membawa bendera dan pakaian Trump masuk ke Capitol pada hari Rabu dan menyebabkan kehancuran dan evakuasi massal. Presiden telah mendesak para pendukungnya untuk memprotes karena Kongres menghitung suara electoral college yang mengkonfirmasi kemenangan Joe Biden.

Pelosi mengatakan "ambang batas telah dilewati sejauh itu" sehingga Trump seharusnya tidak diizinkan untuk membuat keputusan apa pun.

Wapres Mike Pence Belum Terbuka

Tiga anggota Partai Demokrat di Komite Kehakiman Kongres mulai Kamis mengedarkan pasal pemakzulan. Perwakilan David Cicilline dari Rhode Island, Jamie Raskin dari Maryland, dan Ted Lieu dari California menulis dalam artikelnya bahwa Trump "dengan sengaja membuat pernyataan yang mendorong, dan dapat diduga mengakibatkan, tindakan tanpa hukum di Capitol."

Kongres berupaya memecat Trump pada 2019, tetapi Senat yang dipimpin Partai Republik membebaskannya pada awal 2020.

Pence belum secara terbuka membahas kemungkinan menggunakan Amandemen ke-25, tetapi kemungkinan itu memudar setelah dua anggota Kabinet mengundurkan diri pada hari Kamis sebagai protes setelah Trump menyulut unjuk rasa yang kemudian melakukan serangan mematikan di Capitol.

Namun pejabat senior pemerintahan Trump memang meningkatkan kemungkinan jangka panjang karena kekacauan yang terjadi di Capitol. Pejabat di seluruh pemerintahan melangkah lebih jauh dengan mempelajari prosedur untuk menyatakan Trump "tidak dapat menjalankan kekuasaan dan tugasnya."

Biden Menyerakan pada Wapres, Kabinet dan Kongres

Sejauh ini belum ada anggota kabinet yang secara terbuka menyatakan dukungan untuk langkah tersebut, yang akan menjadikan Pence sebagai penjabat presiden. Tetapi beberapa orang diyakini bersimpati dengan gagasan itu, dan percaya Trump terlalu “fluktuatif” di hari-hari akhirnya yang memudar sebgai presiden sebelum pelantikan Biden pada 20 Januari.

Di bawah Amandemen ke-25, Trump dapat membantah temuan Kabinetnya, tetapi Kabinet dapat dengan cepat menegaskan kembali posisinya, menjaga Pence tetap berkuasa sementara keputusan berada di tangan anggota parlemen.

Meskipun Kongers dapat dengan cepat memberikan suara untuk mendakwa Trump, sangat tidak mungkin Kongres dapat mencopot presiden dalam 13 hari ke depan. Senat harus menerima artikel tersebut dan kemudian mengadakan persidangan dan memberikan suara pada mereka.

Jika itu dilakukan, Senat dari Partai Republik kemungkinan tidak akan memberikan suara untuk menghukum. Demokrat ditetapkan untuk merebut Senat saat Biden dilantik, tetapi Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell, memegang palu sampai saat itu.

Biden menjauhkan diri dari desakan sesama Demokrat untuk menggulingkan Trump dengan Amandemen ke-25. Andrew Bates, juru bicara presiden terpilih, mengatakan Biden fokus untuk menjabat pada 20 Januari "dan akan menyerahkan kepada Wakil Presiden Pence, Kabinet, dan Kongres untuk bertindak sesuai keinginan mereka." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home