Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 17:23 WIB | Jumat, 27 Maret 2020

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ali Khomsan. (Foto: Antara/HO-IPB)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ali Khomsan menganjurkan masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan E untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah ancaman virus corona atau COVID-19.

"Misalnya mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C di antaranya pepaya, jeruk, jambu biji dan sebagainya," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (27/3).

Kemudian juga sayur-sayuran yang mengandung vitamin C di antaranya yang memiliki daun hijau tua. Misalnya daun singkong yang dapat menunjang kekebalan tubuh.

Namun, ia mengatakan sistem kekebalan tubuh tentunya tidak hanya tergantung pada makanan sumber vitamin C saja, melainkan juga tergantung pada makanan yang kaya akan zinc.

"Makanan yang kaya zinc itu bisa dijumpai pada pangan hewani yakni daging-dagingan atau ikan," ujar dia.

Selain itu, dalam menerapkan imbauan pemerintah terkait bekerja dan belajar dari rumah, masyarakat juga harus tetap mengacu pada pola gizi seimbang yakni menekankan adanya keanekaragaman pangan.

Sehingga, masyarakat seharusnya mengonsumsi makanan rutin dengan prinsip keberagaman yakni mengandung unsur empat sehat, baik itu makanan pokok, sayur, lauk maupun buah.

"Kalau itu bisa tersedia sepanjang waktu, maka kekebalan tubuh kita akan semakin baik," ujarnya.

Bahkan, ia juga menyarankan agar masyarakat sebaiknya tidak jajan di luar sebab diperkirakan akan mengonsumsi banyak lemak. Hal itu juga menyebabkan pola makan kurang berimbang.

Sementara jika masyarakat makan di rumah, makanan berimbang lebih mudah dijumpai. Artinya, tidak akan mengonsumsi suatu makanan terlalu berlebihan dari segi porsi melainkan adanya keanekaragaman pangan. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home