Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 18:31 WIB | Jumat, 30 September 2016

Kontrak Pembangunan LRT Ditandatangani 17 Oktober

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri), Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kanan), Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi (kedua kanan), dan Dirut PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto (kiri) meninjau perkembangan proyek pembangunan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) di kawasan Cibubur, Jakarta, Jumat (30/9). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pembangunan Light Rail Transit (LRT) oleh PT Jakarta Propertindio (Jakpro) segera dimulai. Rencananya pada tanggal 17 Oktober mendatang akan dilakukan tanda tangan kontrak.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengakui pembangunan LRT Jakarta, sedikit terlambat dari yang dibangun oleh Pemerintah Pusat. Karena pihaknya masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) 79 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

"Kami sampaikan akan terlambat sedikit dibandingkan dengan Adhi Karya. Makanya kami paksa lelang. Nanti 17 Oktober ini akan ada tanda tangan kontrak pekerjaan LRT," kata Ahok di Stasiun MRT Dukuh Atas, hari Jumat (30/9).

Meski sedikit terlambat, Ahok tetap menargetkan LRT bisa beroperasi pada tahun 2018 mendatang. Karena salah satu moda transportasi berbasis rel ini diharapkan bisa menunjang pelaksanaan Asian Games 2018.

Untuk pekerjaan tahap pertama menghubungkan Kelapa Gading–Velodrome sepanjang enam kilometer. Pekerjaan akan dilakukan dalam jangka waktu dua tahun.

"Kami tetap sesuai dengan target, kami persingkat pembangunannya, 2018 jadi," katanya.

Pemprov DKI Jakarta berencana membangun tujuh koridor LRT sepanjang 70 kilometer dengan anggaran Rp 35 triliun. Tujuh rute tersebut, yakni Kebayoran Lama-Kelapa Gading 21,6 kilometer, Tanah Abang-Pulo Mas 17,6 kilometer, Joglo-Tanah Abang 11 kilometer, dan Puri Kembangan-Tanah Abang 9,3 kilometer.

Kemudian Pesing-Kelapa Gading 20,7 kilometer, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta 18,5 kilometer, dan Cempaka Putih-Ancol 10 kilometer. LRT diharapkan mengurangi kepadatan lalu lintas di Jakarta sekitar 30 persen. (beritajakarta.com)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home