Loading...
MEDIA
Penulis: Bayu Probo 20:09 WIB | Rabu, 27 Agustus 2014

Koran Inggris Pasang Speaker yang Perdengarkan Mesin Ketik

Speaker yang mengeluarkan suara mesin tik dipasang di ruang kerja The Times, London. (Foto: huffingtonpost.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Seolah-olah revolusi digital tidak pernah terjadi. Di ruang kerja media massa The Times sekali lagi bergema dentingan mesin tik kuno.

Hampir tiga dekade koran Inggris milik Rupert Murdoch merevolusi industri dengan pindah ke wilayah Wapping dan mengakhiri era “logam panas”, mereka perkenalkan kembali suara khas dari Fleet Street—kantor lama The Times.

Untuk mengejutkan wartawan Times, sebuah speaker didirikan di ruang kerja mereka mengeluarkan suara mesin tik, untuk meningkatkan semangat dan membantu wartawan menyelesaikan tenggat waktu. Audio dimulai dengan derai lembut dari mesin tik tunggal dan perlahan-lahan crescendo, dengan tombol dari jajaran suara mesin tik bertalu-talu seiring proses pembuatan berita berlangsung.

Pengembangan ini—digambarkan sebagai "percobaan" hari Selasa (26/8) oleh penerbit News UK—membingungkan beberapa wartawan. Salah seorang mencoba mematikan, tetapi gagal. Ide ini adalah salah satu dari serangkaian percobaan yang diperkenalkan saat The Times dan media lain di bawah News UK telah pindah dari Wapping untuk kantor baru di Baby Shard, London Bridge, London Selatan.

Inisiatif Times ini bertepatan dengan kebangkitan kembali minat di mesin tik, tren yang diliput koran ini Selasa, dengan laporan tentang bagaimana aktor Tom Hanks telah mengembangkan Hanx Writer app, yang mensimulasikan suara mesin ketik kuno dan menjadi app store iTunes terlaris di Amerika Serikat. Hanks, mencatat, dapat membedakan antara suara dari Olivetti, sebuah Remington dan model mesin tik Royal.

Apakah wartawan di The Times merasakan nostalgia sama? Tidak jelas. George Brock, mantan wartawan Times, dan profesor jurnalisme di Universitas City, London, mengatakan suara itu tidak mungkin menghidupkan kembali kenangan antara staf saat ini.

"Mesin tik menghilang dari newsroom di akhir 1980-an. Akan ada sangat sedikit orang di sana yang ingat suara mesin tik di ruang berita,” katanya. "Mereka akan harus mencari tahu apakah crescendo kebisingan akan membuat wartawan bekerja lebih baik atau lebih cepat."

Michael Williams, yang memulai karier korannya di kantor lama The Times di Gray Inn Road London pada  1973, dan sekarang menjadi dosen senior di jurnalisme di University of Central Lancashire, melihat manfaat dalam ide.

"Orang-orang merasa tersemangati sampai batas tertentu terlepas dari sensasi memproduksi sebuah surat kabar,” katanya, mengacu pada tenang relatif newsroom modern, di mana wawancara mungkin dilakukan melalui email atau pesan instan ketimbang telepon, dan di mana penerbitan digital kontinu.

Pengenalan pembicara mesin tik adalah "ide yang menyenangkan," kata Lucia Adams, wakil kepala digital untuk The Times dan Sunday Times. "Teknologi selalu menjadi bagian penting dari apa yang telah dilakukan The Times dan mesin tik mungkin teknologi lama tapi masih teknologi."

The Times ruang berita baru di lantai 11 dari Baby Shard juga fitur besar papan display digital yang mencerminkan respons masyarakat terhadap cerita dipublikasikan secara online.

News UK diatur untuk menggelar Newseum, sebuah pameran teknologi koran yang akan diselenggarakan oleh Saatchi Gallery di London bulan depan. (huffingtonpost.com/independent.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home