Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:06 WIB | Minggu, 11 Mei 2014

Koran Iran Hapus "Azerbaijan" di Kaus Atletico Madrid

Koran Iran Hapus "Azerbaijan" di Kaus Atletico Madrid
Foto: bbc.co.uk
Koran Iran Hapus "Azerbaijan" di Kaus Atletico Madrid
Foto: clubatleticodemadrid.com
TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Azerbaijan Land of Fire, logo sponsor utama yang terpampang di dada pemain sepak bola Atletico Madrid telah diedit dari foto yang diterbitkan oleh sebuah surat kabar Iran, kata BBC Sabtu (10/5).
 
Foto laga semi final Liga Champions antara Atletico Madrid dan Chelsea pada 30 April muncul keesokan harinya di koran Iran Jam - e Jam, tapi logo sponsor di kaos pemain dihapus. Tindakan ini diketahui oleh sekelompok warga Azerbaijan dengan memposting di Facebook foto halaman surat kabar tersebut disertai judul: "Iran tidak tahan kata Azerbaijan".
 
Atletico Madrid dengan jujur ​memahami dimensi politik atas kesepakatan sponsorship dengan Azerbaijan, dengan mengatakan tujuannya adalah untuk "mempromosikan citra Azerbaijan" dan membantu meningkatkan pemahaman negara itu ke khalayak internasional. "Nama Azerbaijan akan menjangkau seluruh dunia," kata Atletico Madrid di situsnya.
 
Hubungan antara Iran dan Azerbaijan terkadang muncul ketegangan. Azerbaijan beberapa kali dituduh Teheran sebagai pendukung Armenia, sebaliknya Iran telah dikritik Baku karena hubungannya dengan Barat. Komunitas etnis Azerbaijan di Iran tergolong cukup besar, membuat Iran waspada terhadap perkembangan identitas komunitas itu di negaranya.
 
Sensitivitas tersebut tidak berhenti pada kasus foto Atletico Madrid saja. Bahkan di situs Jam -e Jam telah menghapus semua slogan terkait Azerbaijan.
 
Hal ini belum jelas apakah tindakan Jam - e Jam itu diambil untuk alasan politik. Beberapa surat kabar Iran secara rutin mengedit foto logo komersial. (bbc.co.uk)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home