Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 05:11 WIB | Senin, 07 April 2014

Korea Utara Sepakat dengan Inggris Siarkan Teletubbies

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Setelah negosiasi hampir satu tahun dengan pemerintah Inggris, Korea Utara akhirnya memutuskan membeli tiga program acara hiburan TV dari BBC untuk disiarkan di negaranya. 

Korea Utara memilih membeli tiga program acara, Teletubbies, Dr Who dan Top Gear, seperti dilaporkan The Independent pada Minggu (6/4).

Delegasi Korea Utara mengunjungi Kementerian Luar Negeri Inggris membahas pembelian hak siar program acara TV, dan Pyongyang mempertimbangkan hingga berbulan-bulan untuk menentukan pilihan.

Pihak berwenang Korea Utara meneliti setiap detail program dan akhirnya memilih acara yang murni program hiburan jauh dari politik yang salah satunya untuk anak-anak.

Tahun lalu BBC berinisiatif dengan didukung kementerian luar negeri menyusun daftar program TV untuk ditawarkan ke Korea Utara. Namun BBC masih belum bersedia mengomentari detail masalah ini sampai kontrak resmi ditandatangani.

Program TV yang paling populer Korea Utara sejauh ini adalah acara komedi It So Funny, yang sudah mengudara sejak tahun 1970an di mana aktor mengenakan seragam tentara melakukan hal-hal lucu yang memuji pemimpin negara itu, Kim Jong-un.

Bulan lalu dilaporkan siswa laki-laki diwajibkan memotong rambut sama seperti Kim Jong-un, meskipun laporan itu bukan dari sumber yang dapat dipercaya. Tapi penampilan pembawa acara TV diatur dengan ketat, pembaca berita dituntut memiliki potongan rambut khusus dan memakai warna tertentu.

Program TV asing dengan ketat dilarang di Korea Utara. Sekitar 80 warga Korea Utara telah dijatuhi hukuman mati baru-baru ini karena menonton atau menyelundupkan acara TV dari Korea Selatan.

Namun diam-diam masih banyak warga Korea Utara menonton acara TV asing. Mereka banyak men-download ke disk USB yang dapat dengan mudah disembunyikan dari polisi. (independent.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home