Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:01 WIB | Rabu, 16 Mei 2018

Korut Ancam Batalkan KTT Kim-Trump

Warga menyaksikan cuplikan gambar Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam sebuah siaran berita di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, 18 April 2018. (Foto: VOA)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM - Korea Utara (Korut) membatalkan pembicaraan tingkat tinggi dengan Korea Selatan dan mengatakan Amerika Serikat “perlu memikirkan dengan cermat tentang nasib” Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) akan datang antara Kim Jong Un dan Presiden Trump karena latihan militer bersama Amerika-Korea Selatan.

Kantor berita resmi Pyongyang mengatakan latihan yang diberi nama Max Thunder itu adalah latihan penyerbuan terhadap Korea Utara dan provokasi meskipun belakangan ini tampak ada kehangatan dalam hubungan Korea Utara dan Korea Selatan.

Gedung Putih tidak banyak berkomentar kecuali mengatakan akan terus berkoordinasi erat dengan semua sekutu.

Departemen Pertahanan Amerika menjelaskan, latihan militer itu adalah latihan tahunan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama militer Korea Selatan dan Amerika dalam mempertahankan Korea Selatan.

Tetapi pihak lain yang bertahun-tahun pernah bekerjasama dengan Korea Utara mengatakan ada kalangan garis keras yang mungkin ingin menyabot perundingan diplomatik yang menurut mereka dapat membahayakan dinasti Kim. (VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home