Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:52 WIB | Kamis, 13 September 2018

Korut-Korsel akan Buka Kantor Koordinasi Bersama

Kompleks industri Kaesong di Korea Utara, 24 April 2018. (Foto: dok). Korea Utara dan Korea Selatan akan membuka kantor koordinasi bersama di kota Kaesong, Jumat (14/9), untuk mendukung komunikasi dan hubungan lintas perbatasan antar kedua negara.(Foto: VOA)

KAESONG, SATUHARAPAN.COM - Korea Utara dan Korea Selatan akan membuka kantor koordinasi bersama, Jumat (14/9), yang ditujukan untuk mendukung komunikasi dan hubungan lintas perbatasan antar kedua negara.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengumumkan, Rabu (12/9), kantor baru itu akan dibuka di kota Kaesong, Korea Utara, yang terletak dekat perbatasan yang memisahkan kedua negara yang bersaingan itu.

Kementerian tersebut mengatakan, kantor koordinasi itu akan menjadi saluran konsultasi dan komunikasi 24 jam sehari yang ditujukan untuk meredakan ketegangan militer dan membangun perdamaian di Semenanjung Korea.

Kedua negara itu akan mengerahkan hingga 20 petugas untuk menjadi staf kantor tersebut.

Ide pendirian kantor koordinasi itu muncul pada KTT April lalu antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Menurut rencana sebelumnya, kantor itu akan dibuka bulan lalu namun kemudian tertunda karena adanya kebuntuan pembicaraan antara Korea Utara dan AS terkait rencana perlucutan program senjata nuklir Korea Utara.(VOA)

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home