Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:43 WIB | Senin, 27 Juli 2020

Korut Nyatakan Keadaan Darurat Setelah Seorang Pelintas dari Korsel Terinfeksi COVID-19

Kota Kaesong terlihat melintasi zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korea Utara dari Korea Selatan dalam gambar yang diambil dari observatorium Dora di Paju, 55 kilometer utara Seoul, pada September 2013 (Foto: dok. Reuters)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menyatakan keadaan darurat dan penguncian untuk kota perbatasan, setelah seseorang yang diduga terinfeksi virus corona baru kembali dari Korea Selatan, setelah secara ilegal melintasi perbatasan, media pemerintah mengatakan pada hari Minggu (26/7).

Jika dikonfirmasi positif, itu akan menjadi kasus pertama yang secara resmi diakui oleh otoritas Korea Utara.

Kim mengadakan pertemuan politbiro darurat sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya "situasi kritis di mana virus ganas telah memasuki negara itu," menurut laporan  kantor berita negara KCNA.

Seseorang yang membelot ke Korea Selatan tiga tahun lalu kembali melintasi perbatasan berbenteng yang membagi kedua Korea ke kota Kaesong bulan ini dengan gejala COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona, kata KCNA.

"Sebuah peristiwa darurat terjadi di Kota Kaesong di mana seorang pelarian yang pergi ke selatan tiga tahun lalu, seseorang yang diduga telah terinfeksi virus ganas kembali pada 19 Juli setelah secara ilegal melewati garis demarkasi," kata KCNA.

Identitasnya Belum Jelas

KCNA tidak mengatakan apakah orang itu telah dites, tetapi mengatakan "hasil yang tidak pasti dibuat dari beberapa pemeriksaan kesehatan dari sekresi organ pernapasan dan darah orang itu", mendorong pejabat untuk mengkarantina orang tersebut dan menyelidiki siapa pun yang mungkin telah kontak dengannya.

Seorang analis mengatakan pengumuman itu penting, tidak hanya karena Korea Utara untuk pertama kalinya melaporkan dugaan kasus virus corona, tetapi juga karena menyarankan agar meminta bantuan. "Ini adalah saat yang luar biasa bagi Korea Utara untuk mengakui suatu kasus," kata Choo Jae-woo, seorang profesor di Universitas Kyung Hee, dikutip Reuters.

"Itu bisa menjangkau dunia untuk bantuan. Mungkin untuk bantuan kemanusiaan." Korea Utara berada di bawah tekanan ekonomi, karena sanksi internasional atas program nuklirnya.

KCNA tidak merinci bagaimana "pelarian" tak dikenal itu telah melintasi salah satu perbatasan paling dijaga di dunia, tetapi mengatakan insiden itu sedang diselidiki dan unit militer yang bertanggung jawab akan menghadapi "hukuman berat".

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan ada "peluang besar" bahwa seseorang memang telah menyeberang dan militer sedang memeriksa rekaman pengawasan. Bahkan menyarankan mungkin bisa mengidentifikasi orang tersebut. "Militer kami telah menetapkan beberapa orang dan sedang memverifikasi fakta dalam kerja sama erat dengan agen terkait," kata JCS.

Korea Utara telah menerima ribuan alat uji virus corona dari Rusia dan negara-negara lain dan memberlakukan penutupan perbatasan yang ketat.

Ribuan orang di Korea Utara juga dikarantina karena mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah wabah virus corona tetapi pembatasan baru-baru ini telah dikurangi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home