Loading...
DUNIA
Penulis: KP2 00:00 WIB | Kamis, 21 Maret 2013

Korut Siap Serang Pesawat Tempur AS

Kim Jong-Un Saat Meninjau Kesiapan Pasukannya untuk melawan Tentara Korea Selatan dan Amerika Serikat (yonhapnews)

[SEOUL] Tentara Korea Utara berencana menembak jatuh pesawat tempur Amerika Serikat jika bersikukuh mengadakan latihan perang dengan Korea Selatan.

Seperti dilansir The Sun, pesawat pebom B-52 milik AS telah melakukan manuver di atas daerah yang disebut Foal Eagle, Rabu (20/3) kemarin. Dengan aksi tersebut, Amerika Serikat seakan sengaja memperlihatkan dukungan dan kerjasama militernya dengan Korea Selatan.

Mengetahui aksi ini, komandan militer Korea Utara memberikan reaksinya. Mereka menyebut manuver pesawat AS itu adalah sedang melakukan sebuah tindakan provokasi yang tidak dapat ditolerir.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara juga melakukan hal sama dengan mengeluarkan pernyataan resmi melalui kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) di hari yang sama, Rabu (20/3).

"Kami akan terus mengamati pergerakan bomber B-52 dan kedatangan kapal induk U.S.S. Cheyenne," katanya.

"Jika AS terus menerbangkan pesawatnya di sana, kami akan melancarkan serangan balik," tegas dia lagi.

Pada dasarnya, Korut yang dipimpin diktator Kim Jong Un menganggap Korsel dan AS sedang melakukan latihan penyerangan. Sejak akhir minggu ini, ketegangan di antara dua negara "bersaudara" ini makin memanas akibat program ujicoba senjata nuklir. Walaupun menuai reaksi global serta mendapat sangsi dari berbagai negara, Korut terus melakukan uji coba senjata nuklirnya.

Sangsi dari beberapa negara malah menjadikan Kim Jong-Un berang, dan menjadikannya tidak mentaati perjanjian damai dengan Korsel yang sudah disepakati. Ia justru menyatakan bahwa pasukannya telah bersiap untuk bertempur. 
 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home