Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:22 WIB | Jumat, 10 April 2015

Kosta Rika Diundang untuk Bergabung dengan OECD

Presiden Kosta Rika Luis Guillermo Solis. (Foto: AFP)

SAN JOSE, SATUHARAPAN – Kosta Rika, Kamis (9/4), mengatakan telah diundang untuk memulai proses bergabung dengan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), sebuah kelompok negara-negara industri yang terdiri dari 34 anggota.

“Ini adalah kabar luar biasa yang menandai tonggak dalam pembangunan kami,” kata Presiden Luis Guillermo Solis, yang melobi keanggotaan negara di kelompok elite tersebut.

Negara kecil di Amerika tengah itu, yang dikenal dengan industri ekoturisme dan langkahnya untuk menarik perusahaan teknologi asing, akan menjadi negara Amerika Latin ketiga di OECD, setelah Chili dan Meksiko, meskipun Kolombia juga berupaya untuk bergabung.

Proses mendapatkan keanggotaan itu akan membutuhkan waktu dua tahun, kata para pejabat Kosta Rika.

OECD, yang anggotanya menyumbang sekitar 63 persen ekonomi global, adalah sebuah forum untuk negara-negara yang bekerja sama dalam praktik-praktik terbaik di beberapa area kebijakan seperti perpajakan, energi, investasi, transportasi dan lingkungan.

Ekonomi Kosta Rika berada di peringkat ke-81 di seluruh dunia dengan USD 49,6 miliar (sekitar Rp 640,8 triliun) pada 2013, menurut Bank Dunia. (AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home