Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:18 WIB | Kamis, 01 Maret 2018

Kota Bogor Canangkan Zona Tematik Kampung Buah

Ilustrasi. Pohon jambu biji. (Foto: commomns.wikimedia.org)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor dan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Bogor mulai mencanangkan Zona Tematik Kampung Buah Tertentu pada tahun 2018 ini.

Melalui pencanangan Zona Tematik Kampung Buah Tertentu ini, seperti dilansir situs web resmi kotabogor.go.id, ke depan diharapkan setiap kelurahan di Kota Bogor mempunyai satu jenis pohon buah tertentu yang disepakati warga melalui rembuk warga, untuk ditanam secara massal, baik di pekarangan, jalur hijau, maupun di kebun dan ladang.

Nantinya, seperti dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan pada Distani Dian Herdiawan, Kamis (1/3/2018), penanaman akan mengaplikasikan sistem tumpang sari buah. Partisipasi warga dalam bentuk konservasi lingkungan dan peningkatan pendapatan masyarakat dengan menanam pohon buah secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran akan fungsi kelestarian lingkungan hidup.

“Hal ini tentunya sejalan dengan visi Distani Kota Bogor dalam mewujudkan agribisnis perkotaan yang ramah lingkungan dan berdaya saing. Untuk pencanangan ini akan dimulai dari Kelurahan Cipaku, Bogor Selatan,” kata Dian.

Melalui program tersebut, Distani Kota Bogor ikut pula menyukseskan Taman Interaksi Warga di Legok Muncang RW 15, Kelurahan Cipaku sebagai Sentra Kampung My Darling (Masyarakat Sadar Lingkungan). (kotabogor.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home