Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 13:08 WIB | Sabtu, 21 Januari 2017

KPAI: Peran Pengasuhan Anak Tanggung Jawab Ibu-Ayah

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh (kedua kiri) bersama Komisioner KPAI Titik Haryati (kedua kiri) menerima para orang tua anak korban vaksin palsu RS Harapan Bunda di KPAI, Jakarta, Kamis (21/7/2016). Para orang tua anak korban vaksin tersebut meminta KPAI memediasi mereka dengan pihak rumah sakit terkait sejumlah tuntutan terhadap RS Harapan Bunda. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Asrorun Niam menekankan bahwa peran mengasuh anak di dalam keluarga adalah tanggung jawab kedua orang tua.
    
"Seringkali timpang. Seolah kewenangan dan tanggung jawab pengasuhan itu dibebankan kepada ibu, padahal tidak," kata Asrorun saat menghadiri acara Gerakan Ibu Negeri (GIN) Award di Jakarta, hari Jumat (20/1).
    
Asrorun menegaskan bahwa orang tua memiliki derajat yang sama dalam mengemban tanggung jawab dan peran dalam pengasuhan keluarga.
    
"Tidak cukup hanya sekadar setor materi tapi tidak hadir dari sisi emosi dan juga kejiwaan," kata dia.
    
Oleh karena itu Asrorun mengapresiasi yang dilakukan oleh GIN dalam memberikan penghargaan bernama "Ayah Pejuang" kepada sembilan orang sosok ayah dari berbagai latar belakang yang dianggap patut mendapat predikat tersebut.
    
GIN yang diketuai oleh Neno Warisman memberikan penghargaan kepada sembilan orang laki-laki mulai dari kyai, penjual koran, artis, hingga purnawirawan TNI yang bekerja keras dalam mencari nafkah dan memperjuangkan keadilan namun tidak melupakan keluarga.
    
Neno gelisah dengan kondisi di sebagian masyarakat yang berpandangan di mana peran ayah yang bertanggung jawab mencari uang dan ibu bertanggung jawab mengasuh anak dan mengurus rumah.
    
Neno yang kini aktif di dunia sosial dan pola pengasuhan anak menyayangkan para ayah yang jarang bertemu dengan anaknya untuk menjalin ikatan emosi hanya karena sibuk bekerja. 
    
KPAI, kata Asrorun, mengapresiasi upaya positif yang dilakukan GIN dalam menekankan pentingnya peran penguatan pengasuhan di dalam keluarga.
    
"Inisiasi-inisiasi seperti ini harus diapresiasi dan dilipatgandakan keberperanannya di seluruh elemen masyarakat.  
Pembangunan kesadaran di dalam kerangka penguatan peran keluarga, peran pengasuhan berbasis keluarga itu menjadi sangat penting," kata dia. (Ant)

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home