Loading...
MEDIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:07 WIB | Jumat, 04 September 2015

KPI Ambil Peran dalam Pengawasan Pilkada Serentak

Ketua KPI Pusat Judha Riksawan menyampaikan pidato sambutan dan laporan dalam pembukaan Rapat Pimpinan KPI 2015 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/9) (Foto: kpi.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengambil peran dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan diselenggarakan Desember 2015 mendatang baik itu Lembaga Penyiaran Televisi dan Radio.

"Pemilihan Kepala Daerah serentak yang Insya Allah akan terselenggara pada tanggal 9 Desember nanti sudah seharusnya memperoleh dukungan dari seluruh pihak. Termasuk dalam hal ini Lembaga Penyiaran. Berkaca pada pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan pemilihan Presiden 2013-2014 menunjukkan bahwa lembaga penyiaran memiliki peran yang sangat strategis dalam proses Pemilu. Baik dalam hal pemanfaatan untuk melakukan kampanye, maupun dalam upaya memberikan edukasi dan meningkatkan partisipasi politik masyarakat," kata Ketua KPI Pusat Judha Riksawan dalam pidato laporan Rapat Pimpinan KPI 2015 di Istana Negara, Rabu (2/9).

Dalam memantapkan pengawasan tersebut,  menurut Judha, KPI akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan (Rapim)  yang dihadiri oleh seluruh Ketua KPID se-Indonesia terkait pengawasan Pilkada serentak di Lembaga Penyiaran.

Dalam Rapim tersebut agenda yang akan dibahas  antara lain strategi dan sinkronisasi pengawasan penyiaran sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang menyebutkan secara detail tentang penggunaan media penyiaran dalam proses pelaksanaan Pilkada serentak.

Kemudian pembahasan terkait dengan Revisi Undang-undang Penyiaran yang masuk dalam Prolegnas DPR RI tahun ini. Menurut Judha, Revisi UU Penyiaran itu sangat strategis.  

Judha menegaskan dari pengalaman sebelumnya, Lembaga Penyiaran selalu menjadi arena utama dan medium strategis dan efektif bagi pelaksana, para calon ke publik, baik untuk pendidikan politik, memperkenalkan diri dan mengampanyekan visi misi kampanye untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat.

"Dalam rangka Pilkada serentak nantinya, ada beberapa potensi masalah yang harus diantisipasi pada saat kampanye di Lembaga Penyiaran. Terutama akibat adanya perubahan metode untuk siaran iklan kampanye di Lembaga Penyiaran, yang menurut regulasi harus difasilitasi dan dikoordinasi secara langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)," kata Judha.

"Untuk itulah pada kesempatan Rapim ini, kami juga mengundang secara khusus KPU dan Bawaslu Daerah untuk bersinergi agar pelaksanaan kampanye Pilkada melalui Lembaga Penyiaran dapat berlangsung secara baik dan tertib sebagaimana yang diharapkan," kata Judha.

" Komisi Penyiaran Indonesia berharap  UU Penyiaran yang baru mulai mengatur tentang standar kompetensi profesi penyiaran. Standar kompetensi yang dicita-citakan oleh KPI, tidak hanya berorientasi pada hard skill atau keterampilan. Tetapi juga harus memiliki kompetensi soft skill yaitu integritas dan karakter yang kuat untuk menjaga nasionalisme dan melakukan preservasi nilai budaya bangsa,” Judha menambahkan.

Lebih lanjut, Judha  menyangkan saat ini  lembaga penyiaran  terjebak dalam perlombaan untuk mengejar jumlah rating dan share yang berbasis pada kesukaan bukan pada kebutuhan masyarakat. Padahal, menurut Judha, untuk mengubah mental masyarakat ke arah yang lebih produktif dibutuhkan panduan yang dapat menginspirasi kreativitas masyarakat.

Menurut Judha, Lembaga Penyiaran akan sulit melakukan itu, jika profesi penyiaran tidak memiliki kompetensi dalam memperkukuh karakter bangsa. (kpi.go.id)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home