Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 18:56 WIB | Rabu, 11 Januari 2017

KPU DKI Jakarta akan Gelar Tiga Kali Debat

Dari kanan ke kiri: Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, M.Fadlillah, dan Moch. Sidik saat konferensi pers Pengumuman Debat Pilkada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Peluncuran Surat Suara Pilkada DKI 2017, di KPU DKI Jakarta, Jl. Salemba Raya, hari Rabu (11/1). (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan tiga kali debat pasangan calon pemimpin daerah DKI Jakarta.

“Sesuai dengan ketentuan di dalam Undang-Undang Pilkada dan peraturan KPU, bahwa salah satu metode kampanye adalah dalam bentuk debat dan dilaksanakan sebanyak tiga kali,” kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, saat konferensi pers Pengumuman Debat Pilkada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Peluncuran Surat Suara Pilkada DKI 2017, di KPU DKI Jakarta, Jl Salemba Raya, hari Rabu (11/1).

Dia menjelaskan debat yang pertama adalah Jumat (13/1) bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, yang kedua, Jumat (20/1), dan yang ketiga pada Jumat (10/2). “Atau satu hari sebelum masa kampanye berakhir,” kata dia.

Tema umum debat pilkada yang pertama adalah sosial ekonomi DKI Jakarta, debat tersebut memuat tiga isu utama, yang pertama adalah lapangan pekerjaan, pendidikan, kesenjangan sosial. Debat kedua bertema lingkungan, tata kota, transportasi. Tema debat terakhir adalah keamanan dan kehidupan warga DKI Jakarta.

"Debat terbuka ini merupakan salah satu media yang difasilitasi KPU sebagai penyelenggara pilkada untuk membantu masyarakat mengenal dan mengetahui program kerja masing-masing pasangan calon," kata dia.

KPU DKI Jakarta, kata dia, telah membentuk tim panelis yang berisi akademisi dari beberapa perguruan tinggi ternama di Jakarta, dan sudah mengadakan beberapa kali pertemuan dengan KPU DKI Jakarta.

Penjelasan Setiap Sesi di Debat Pertama

Dalam kesempatan yang sama, Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta Bidang Sosialisasi, Betty Epsilon Idroos, menjelaskan debat publik pertama ini akan dibagi ke dalam enam sesi.

Sesi pertama, panelis akan menyampaikan soal ke moderator. Sesi kedua dan ketiga, moderator akan memberikan pertanyaan umum.

"Lalu tiap pasangan calon akan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh moderator dan ada bagian sesi tanggapan dari pasangan calon," kata Betty.

Dia menjelaskan untuk sesi keempat dan sesi kelima, pasangan calon akan menyampaikan pertanyaan ke pasangan calon lainnya dan terakhir moderator akan memberikan pertanyaan penutup ke seluruh pasangan calon.

Sesi keenam akan diisi dengan kesimpulan dan ajakan dari pasangan calon ke warga untuk menjaga kegiatan selama masa kampanye.

Editor : Sotyati