Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 21:40 WIB | Rabu, 11 Januari 2017

KPU DKI Jakarta Sudah Tinjau Percetakan Surat Suara

KPU DKI Jakarta Sudah Tinjau Percetakan Surat Suara
Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi DKI Jakarta, Sumarno menunjukan surat suara pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta didampingi komisioner Betty Epsilon (kanan) dan M. Fadlilah (kiri) di kantornya Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. (Foto: Dedy Istanto)
KPU DKI Jakarta Sudah Tinjau Percetakan Surat Suara
Dari kanan ke kiri: Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon , Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, M.Fadlillah, dan Moch. Sidik saat konferensi pers Pengumuman Debat Pilkada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Peluncuran Surat Suara Pilkada DKI 2017, di KPU DKI Jakarta, Jl. Salemba Raya, hari Rabu (11/1). (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Sumarno mengemukakan pihaknya sudah melakukan peninjauan ke tempat pencetakan surat suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang yang berpusat di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami sudah melakukan peninjauan ke tempat produksi yakni di makassar,  sampai kami pulang dan proses produksi berjalan dengan baik,” kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno saat konferensi pers Pengumuman Debat Pilkada Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Peluncuran Surat Suara Pilkada DKI 2017, di KPU DKI Jakarta, Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat, hari Rabu (11/1).

Dia mengemukakan sempat mendengar berita bahwa listrik padam di tempat percetakan tersebut, namun dia sudah  mengimbau ke pihak perusahaan agar mengantisipasi hal tersebut.

“Kami sudah mengecek tentang perusahaan juga memiliki alat genset untuk mencegah padamnya listrik, semoga hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan,” kata dia.

Dengan mengutip detik.com, hari Selasa (10/1) surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 saat ini dicetak di PT Adi Perkasa di Makassar, Sulawesi Selatan. Saat proses produksi berlangsung, di Makassar sempat ada pemadaman listrik bergilir.  

Sumarno mengemukakan setelah surat suara selesai diproduksi, kemudian didistribusikan ke masing masing KPU kabupaten, kota di Jakarta.

“Lalu kemudian kami akan melakukan sortir terhadap surat suara, jadi sebelum petugas kami melakukan pelipatan untuk memastikan surat suara dalam kondisi baik,”kata dia.

Sumarno mengatakan dalam proses sortir   KPU DKI Jakarta telah melakukan koordinasi dengan KPU kabupaten administratif dan KPU di lima kota di Jakarta agar menyiapkan tempat dan lokasi.

Distribusi Logistik Pemilu

Terkait distribusi, Sumarno menjelaskan sudah meminta bantuan TNI dan Polisi apabila pendistribusian memerlukan pengamanan. "Selain TNI dan Polri yang siap membantu, dari Pemerintah Daerah juga. Tinggal kita laksanakan sesuai peraturan yang ada," kata Sumarno.

Dalam kesempatan yang sama Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta Bidang Logistik, M. Fadlillah mengemukakan pihaknya siap mendistribusikan hampir 7,2 juta surat suara. “7.292.619 surat suara yang kita siapkan yang nanti akan disebar," kata Fadlillah.

KPU DKI Jakarta, kata dia, akan siap mendistribusikan surat suara ke lima wilayah kabupaten dan kota di DKI Jakarta. 

Editor : Eben E. Siadari