Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:58 WIB | Kamis, 17 Januari 2019

KPU Gelar Debat Perdana Capres Kamis Malam

Ilustrasi. Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto (kanan). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana debat calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam pemilihan umum 2019 pada Kamis malam (17/1).

Debat calon presiden dan wakil presiden tersebut akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah media elektronik TVRI, RTV, Kompas TV dan juga RRI. 

Debat yang akan diikuti oleh pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin dan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB.

Debat perdana kali ini mengambil tema hukum, korupsi, hak asasi manusia dan terorisme dengan panelis Guru Besar Hukum UI Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli Tata Negara Bivitri Susanti dan Ahli Tata Negara Margarito Kamis. 

Sementara, debat akan dipandu oleh moderator penyiar Ira Kusno dan Imam Prayitno.

Debat hari ini merupakan satu dari lima rangkaian debat yang akan dilaksanakan KPU sesuai dengan amanat UU No 7/2017 tentang pemilu. Dalam UU Pemilu tersebut juga diamanatkan agar debat disiarkan secara luas kepada masyarakat Indonesia.

Debat calon presiden dan wakil presiden dimulai sejak pemilihan presiden secara langsung dilaksanakan.

Pemilihan presiden secara langsung baru diterapkan pada 2004, di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, debat kali ini merupakan tanding ulang Jokowi dan Prabowo yang pernah berkompetisi pada pemilihan presiden 2014, meskipun kini dengan pasangan calon wakil presiden yang berbeda.

Bila pada 2014 pasangan calon wakil presiden dari Jokowi adalah M Jusuf Kalla, pada 2019 Jokowi menggandeng Ma'ruf Amin. Sedangkan Prabowo pada 2019 ini menggandeng Sandiaga Uno, setelah sebelumnya pada 2014 lalu berpsangan dengan Hatta Rajasa. (ANTARA News)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home