Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:01 WIB | Minggu, 20 April 2014

Krisis Ukraina, AS akan Kirim Pasukan Darat ke Polandia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry berbicara dengan media di dalam pesawatnya saat dirinya meninggalkan AS ke Jenewa, Swiss, untuk menghadiri perundingan seputar Ukraina hari Kamis (17/4). (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Menteri pertahanan Polandia mengatakan pasukan darat Amerika Serikat akan dikirim ke negaranya untuk menambah kehadiran NATO di sana saat beberapa insiden terjadi di Ukraina, lapor The Washington Post.

Tomasz Siemoniak pada Jumat mengatakan kepada The Washington Post bahwa detail-detailnya sedang diupayakan dan Polandia akan mengambil peran pemimpin regional “di bawah perlindungan AS”, sesuai rencana yang akan diumumkan pekan depan.

Dia menambahkan bahwa pasukan darat AS juga kemungkinan akan dikirim ke negara-negara Baltik, di bawah dorongan untuk meningkatkan kehadiran NATO di Eropa Tengah dan Timur.

Sementara itu juru bicara Pentagon Laksamana Muda John Kirby mengatakan serangkaian langkah sedang dipertimbangkan untuk memperkuat kesiapan pasukan udara, maritim dan darat di Eropa.

“Beberapa dari aktivitas tersebut akan dilancarkan secara bilateral dengan negara-negara NATO. Beberapa lainnya akan dilakukan melalui Aliansi itu sendiri.”

Siemoniak menyatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apakah sebuah perjanjian yang didiskusikan di Jenewa pada Kamis (17/4) mengenai krisis Ukraina akan meredakan ketegangan di kawasan itu. Perjanjiannya merupakan indikasi awal dalam perkembangan antara Rusia dan Barat dalam kebuntuan selama berbulan-bulan. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home