Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 21:01 WIB | Jumat, 28 Maret 2014

Kritikus Bicara Keakuratan Film Noah dengan Alkitab

Nuh terlihat terlalu muda? (Sumber: Paramount Pictures)

SATUHARAPAN.COM – Lembaga Sensor Film Indonesia memutuskan film Noah tidak lolos sensor. Noah menggambarkan wajah nabi, itu dilarang dalam Islam. Namun, Noah juga dikritik orang Kristen karena kisahnya tidak sesuai kisah Nabi Nuh di Alkitab. Nbcnews.com mewawancarai Steven D. Greydanus, kritikus untuk web National Catholic Register.

Selain Indonesia, Noah juga dilarang di beberapa negara Timur Tengah. Namun,  sutradara Daren Aronofsky mengatakan kepada New Yorker bahwa Noah adalah “film paling tidak alkitabiah yang pernah dibuat.” Komentarnya mungkin hanya untuk menenangkan umat Kristen.

Pernyataannya ini terdengar adil, tetapi mungkin tidak memuaskan penonton film yang melihat Noah dengan harapan bahwa versi Aronofsky erat akan mencerminkan Kitab Kejadian. Untuk latar belakang alkitabiah film, Steven D. Greydanus, mahasiswa studi Alkitab di Keuskupan Agung Newark, memberi komentar tentang film ini. Greydanus sudah menonton film tersebut sebelum rilis. Kesimpulannya, cukup dekat dengan kisah Alkitab, tetapi beberapa adegan lebih bebas.

Apakah seperti yang dikritik orang-orang, firman Tuhan hilang dari film ini?

Tidak,  kata Greydanus. “Untuk sebagian besar, Allah disebut dalam film sebagai ‘Pencipta’ dan ini adalah pilihan kreatif yang saya pikir sangat banyak untuk film ini. Bahasa yang dipakai mungkin tidak terdengar familiar, tujuannya, membuat sosok Tuhan sedikit lebih misterius bagi kita.” Tapi, namanya jelas diucapkan saat Ham, putra kedua Nuh, mengatakan kepada Tubal-Kain: “... Ayah saya mengatakan tidak ada raja Pencipta adalah Allah.”

Jadi siapa ini Tubal-Kain?

Tubal-Kain, diperkenalkan dalam Kitab Kejadian, adalah keturunan Adam dan Hawa dari Kain. Dia tidak benar-benar berpapasan dengan Nuh dalam Alkitab, tetapi, Greydanus menjelaskan, “film ini membutuhkan seseorang untuk mewakili kejahatan manusia yang bertanggung jawab untuk penghakiman Allah.”

Dan apakah itu,  makhluk batu raksasa di bahtera Nuh?

Ini sedikit rumit. Menurut Greydanus, para Watchers raksasa dalam film tersebut berasal dari orang-orang raksasa dari Kitab Kejadian. Mereka dianggap sebagai hibrida manusia-malaikat oleh beberapa pakar agama  dan Kitab Henokh dalam Taurat. (Disebut sebagai penjaga dalam Dan. 4:13 –Red) “Dalam versi Aronofsky, itu adalah malaikat yang dibuang ke Bumi  karena ketidaktaatan mereka kepada Allah. Mereka dihukum dengan memiliki tubuh mereka cahaya bergabung dengan batu,” kata Greydanus.  “Jadi The Watchers dalam Kitab Henokh menjadi Nephilim dalam cerita Aronofsky.”

Bukankah umur Noah ratusan tahun? Mengapa Russell Crowe terlihat begitu muda?

Ya, Noah berumur 500 tahun ketika ia memiliki anak pertamanya. Umur 600 pada saat banjir, dan hidup untuk usia lanjut hingga 950. Aronofsky memiliki penjelasan: “Ketika ia memiliki anak-anak, ia berumur sekitar 5/9 atau 50 persen dari umurnya. Jadi, pada sekitar saat ini ia umurnya sekitar setengah baya.”

Bagaimana dengan temperamennya? Bukankah para nabi seharusnya lebih tenang?

Interpretasi ini berasal dari Aronofsky dan Crowe, tapi, “Alkitab tidak memberi kita wawasan tentang disposisi atau kepribadian Nuh,” Greydanus mengingatkan kita. “Yang kita tahu adalah bahwa dia adalah orang yang benar yang menaati perintah Allah. Sebagai seorang Katolik, saya sangat sadar bahwa banyak orang kudus yang temperamennya tidak menyenangkan.”

Berapa banyak dari apa yang kita anggap sebagai cerita Nuh didasarkan pada konsep-konsep yang tidak benar-benar di dalam Alkitab?

Lebih dari yang Anda bayangkan. Greydanus mengatakan bahwa cerita diuraikan dalam gaya populer. “Kami mengulangi 40 hari hujan, tapi menghilangkan 150 hari (sampai air surut). Kita mengatakan hewan datang berdua-dua, tetapi meninggalkan bahwa ada tujuh dari beberapa spesies yang dipakai Nuh untuk mempersembahkan korban.” Dan, ada juga: “Nuh berkhotbah kepada orang-orang dan mereka mengejek dan menolak khotbahnya, yang tidak dikisahkan dalam Alkitab.”

Bagaimana dengan batu bata mengambang dari bahtera?

“Kami membayangkan bahtera sebagai kapal tradisional dengan dasar melengkung dan lambung melengkung ketika pada kenyataannya Alkitab hanya menjelaskan kapal tersebut prisma segi empat,” Greydanus menunjukkan. Aronofsky sebenarnya membangun kapalnya sesuai dimensi yang ditentukan oleh Alkitab pada panggung New York, menurut kritikus film Variety, Scott Foundas.

Apakah Aronofsky menghormati teks Alkitab dan kepercayaan dari orang-orang Kristen?

Ya, menurut Greydanus. “Saya kira Aronofsky menghormati teks dan mengambil serius sebagai landasan penting sastra dunia dan refleksi moral. Beberapa penambahan dramatis cerita memang membuat keluar dari teks Alkitab. Itu mungkin terlalu banyak bagi banyak orang Kristen, tapi saya pikir kita perlu membedakan antara tidak membuat film yang ingin ditonton orang Kristen dan bersikap tidak hormat dari teks.”

Apa yang bisa khalayak sekuler dapat mengambil dari cerita ini?

“Bagi saya, saya berharap bahwa Alkitab adalah layak dipelajari,” kata Greydanus. “Bahkan, jika Anda tidak menganggapnya serius sebagai kitab suci.” (nbcnews.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home