Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 12:30 WIB | Rabu, 04 Februari 2015

KSAU: TNIAU Kuat, Penting Bagi Pertahanan Poros Maritim

Kepala Staf TNI Anggatan Udara (Kasau) Marsekal Madya TNI Agus Supriatna. (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Agus Supriatna mengatakan kekuatan TNI AU menentukan. TNI AU adalah subsistem dalam pertahanan poros maritim.

“TNI AU harus menghadirkan superioritas udara ke tengah samudra. Coverage security bagi Naval Forces. Artinya, sistem pertahanan maritim bukan hanya membutuhkan TNI AL yang kuat, melainkan juga TNI AU yang lebih kapabel,” kata Agus di Gedung Serbaguna Mabes AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (4/2).

Menurutnya poros maritim bisa eksis jika penguatan udara dikuasai oleh TNI AU. Lantas apakah selama ini TNI AU belum menguasai udara Indonesia?.

“Selama ini tentu dikuasai oleh kita,” kata dia.

Dikatakan Agus penguatan kekuatan udara perlu dilakukan guna mengamankan wilayah udara Indonesia dari gangguan dan ancaman pihak luar.

“Jika penguatan udara terwujud, penguatan poros maritim Indonesia akan terwujud dengan memberikan rasa aman bagi keamanan nasional”.

“Bagaimana poros maritim bisa eksis kalau penguasaan udaranya tidak dikuasai kita, bisa tidak kalau laut dan darat dikuasai kita tapi udaranya dikuasai orang,” kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home