Google+
Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 05:53 WIB | Sabtu, 06 Juli 2019

Kualitas Utusan

Menguji setiap pekerjaan akan membuat seorang pekerja makin hari makin berkualitas!
Pekerja Berkualitas (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Kisah pengutusan 70 murid (Luk. 10:1-12) tidak kita temukan di Injil lain. Hanya Lukas yang mencatatnya. Apa maksudnya? Tentu hanya Lukas yang tahu!

Kisah pengutusan ini mirip dengan pengutusan kedua belas murid (Luk. 9:1-6). Kelihatannya Lukas hendak memperlihatkan bahwa bahwa yang disebut rasul—artinya orang yang diutus—tak hanya terbatas pada pada kedua belas murid Yesus.

Menarik disimak, angka 70—menurut Rama Gianto—bermakna simbolik. Angka 70 merupakan kelipatan terbesar (angka 10) dari suatu kelompok yang utuh (angka 7). Itu berarti semua murid diutus Sang Guru. Tak hanya kedua belas murid, tetapi semua murid.

Sebelum pengutusan Yesus menegaskan: ”Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit” (Luk. 10:2). Terdengar seperti keluhan. Pertanyaannya: apakah pekerja memang sedikit?

Bisa jadi ada pekerja, mungkin banyak, tetapi pekerja berkulitas banyakkah? Guru banyak, guru berkualitas banyakkah? Dokter banyak, dokter yang baik? Karyawan pasti banyak, karyawan yang sungguh-sungguh memahami pekerjaan sebagai panggilan hidup? Jawaban kita pasti seragam: sedikit!

Pekerja itu adalah kata benda! Kata kerjanya bekerja! Aneh rasanya ada pekerja yang tidak bekerja. Pekerja yang tidak bekerja bukanlah pekerja, tetapi pengangguran. Persoalannya banyak pekerja yang maunya tidak bekerja.

Suatu hari seorang sopir taksi mengeluhkan nasibnya kepada saya. ”Jadi direktur itu, enak ya, Pak,” katanya. ”Di mana enaknya,” sergah saya. ”Apa-apa tinggal nyuruh anak buahnya,” tambahnya.

Ya, banyak yang beranggapan bahwa atasan itu tinggal perintah, dan lupa bahwa yang bertanggung jawab atas pekerjaan seluruh bawahan tadi, ya atasan itu tadi. Bawahan biasa bekerja dari pukul 8.00 hingga 16.00, setelah itu istirahat di rumah. Tetapi, seorang atasan sampai di rumah pun masih memikirkan pekerjaan semua bawahannya.

Oleh karena itu, Paulus menasihati:”Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri…” (Gal. 6:4). Menguji setiap pekerjaan akan membuat seorang pekerja makin hari makin berkualitas! Dan itu jugalah panggilan seorang utusan!

Editor : Yoel M Indrasmoro

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home