Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 19:02 WIB | Minggu, 28 Juli 2019

Kurangi Sampah Plastik, Kominfo Dukung Gerakan Satu Juta Tumbler

Pencanangan Gerakan #SatuJutaTumbler Indonesia Bersih, Generasi Bijak Plastik. (Foto: kominfo.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung Gerakan #SatuJutaTumbler Indonesia Bersih, Generasi Bijak Plastik.  Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan gerakan #SatuJutaTumbler dan Generasi Bijak Plastik merupakan wujud edukasi kepada masyarakat untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia. 

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak dan menginspirasi masyarakat agar bagaimana seminimal mungkin, menggunakan wadah plastik untuk kepentingan sehari-hari kita,” kata Sekjen Niken saat Acara Gerakan Satu Juta Tumbler di Area GBK Senayan, Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Dalam kegiatan hasil kolaborasi Kementerian Kominfo, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu, Sekjen Niken memaparkan hasil penelitian University of Georgia yang menempatkan Indonesia dalam urutan kedua sebagai negara dengan jumlah sampah plastik terbanyak. ”Ini tentunya sampah yang ada di darat dan lebih banyak juga sampah yang dibuang ke laut,” ia menambahkan.

Ia menjelaskan, penumpukan sampah yang begitu banyak, tidak hanya mengancam kehidupan manusia, tetapi juga keanekaragaman hayati di Indonesia. 

“Banyak ikan dan kura-kura mati karena makan sampah plastik. Kalau ikan makan sampah plastik kemudian dikonsumsi manusia, maka dalam jangka panjang tentu akan berpengaruh pada kesehatan manusia,” ia menjelaskan.

Krena itu, Niken mengajak warga Indonesia untuk mengurangi sampah plastik agar tidak membahayakan kehidupan manusia. “Karena sampah plastik ini tidak bisa terurai dalam waktu dekat, atau bahkan sampai puluhan tahun. Kalau setiap hari kita menambah sampah plastik, maka ini akan membahayakan bagi kehidupan manusia,” Niken menambahkan.

Kegiatan tersebut dihadiri Rosa Vivien Ratnawati selaku Dirjen Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Deputi IV Kemenko Maritiman Safri Burhanudin, serta inisiator dari Gerakan #SatuJutaTumbler Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo Septriana Tangkary. (kominfo.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home