Loading...
MEDIA
Penulis: Equivalent Pangasi 16:02 WIB | Jumat, 21 Maret 2014

LA Times Tercepat Menampilkan Berita Berkat Robot Penulis

LA Times menjadi pelopor pemanfaatan teknologi robot jurnalisme. (Foto: bbc.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Berkat robot penulis, Los Angeles Times menjadi surat kabar pertama yang memberitakan gempa di Los Angeles pada Senin (17/3).

Jurnalis sekaligus programmer, Ken Schwencke menciptakan sebuah algoritma yang secara otomatis menghasilkan artikel singkat ketika gempa terjadi.

Schwencke mengatakan kepada majalah Slate, robot itu membutuhkan sekitar tiga menit untuk memunculkan berita secara online.

Robot-jurnalisme semakin banyak digunakan kantor-kantor berita di seluruh dunia.

LA Times adalah pelopor dalam pemanfaatan teknologi robot-jurnalisme yang menggunakan referensi dari sumber terpercaya misalnya seperti US Geological Survey.

Seperti dalam laporan gempa, teknologi itu juga menggunakan algoritma lainnya untuk menghasilkan berita kriminal di kota, dengan sejumlah penyunting manusia yang akan memutuskan bagian mana yang memerlukan perhatian lebih.

Beberapa kantor berita lainnya telah menggunakan metode pelaporan berbasis algoritma di segmen berita lainnya, terutama dalam segmen olahraga.

“Berita yang dihasilkan tidak menggantikan jurnalis,” Schwencke menjelaskan, “namun memungkinkan data yang tersedia untuk dapat segera dikumpulkan dan disebarluaskan.”

Lebih lanjut ia menjelaskan, “ini hanya tambahan. Teknologi ini sangat sering menyelamatkan kita, dan untuk jenis berita tertentu, robot ini mampu mendapatkan informasi di luar sana hampir sama baiknya dengan apa yang bisa manusia lakukan.”

“Cara saya melihatnya, robot ini tidak meniadakan pekerjaan siapa pun, tapi justru membuat pekerjaan setiap orang lebih menarik,” ia menambahkan. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home