Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:16 WIB | Jumat, 12 Februari 2016

Lantik 7 Gubernur, Presiden Jokowi Beri Pesan Khusus

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meminta gubernur dan wakil gubernur yang baru saja dilantik menjalankan tugasnya dengan berpedoman pada visi dan misi presiden.

"Saudara sekalian adalah wakil pemerintah pusat di daerah. Dalam melaksanakan pembangunan daerah, gubernur hendaknya berpedoman pada visi misi Presiden," kata Jokowi saat berpidato saat melantik tujuh pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015, di Istana Negara, Kompleks Istana Presiden, hari Jumat (12/2)

Presiden Jokowi meminta seluruh gubernur dan wakil gubernur menjabarkan visi dan misi Presiden sesuai konteks daerah masing-masing. Menurutnya, langkah itu akan meningkatkan keterpaduan, integrasi, dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan pembangunan nasional.

Presiden Jokowi juga meminta gubernur dan wakil gubernur meningkatkan peran sebagai simpul penting koordinasi antara kementerian dan lembaga di tingkat pusat dan pemerintah kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Program-program kementerian dan lembaga di pusat ke daerah harus betul-betul terkonsolidasi dengan baik," katanya.

Sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, Presiden meminta gubernur dan wakil gubernur agar bisa cepat menyelesaikan permasalahan yang sifatnya lintas kabupaten dan kota. Menurut dia, gubernur dan wakil gubernur harus bersedia turun ke lapangan dan jangan hanya bekerja di belakang meja dalam menyelesaikan masalah.

Hari ini, Presiden Jokowi melantik ‎tujuh pasang  Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015.

Tujuh pasang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih itu adalah Sahbirin Noor-Rudy Resnawan (Provinsi Kalimantan Selatan), Zumi Zola Zulkilfi-Fachrori Umar (Provinsi Jambi), Irwan Prayitno-Nasrul Abit (Provinsi Sumatera Barat), Olly Dondokambey-Steven O.E Kandouw (Provinsi Sulawesi Utara), Muhammad Sani-Nurdin Basirun (Provinsi Kepulauan Riau), Irianto Lambrie-Udin Hianggio (Provinsi Kalimantan Utara), dan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah (Provinsi Bengkulu).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home