Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 21:05 WIB | Senin, 04 Februari 2019

Launching DBDKlim oleh Pemprov DKI Jakarta

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan PhD meluncurkan produk inovasi bidang kesehatan di Balai Agung Gedung Balai Kota DKI pada Rabu (30/1). (Foto: bmkg.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan PhD meluncurkan produk inovasi bidang kesehatan di Balai Agung Gedung Balai Kota DKI. Kegiatan launching itu sebagai bentuk tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara BMKG dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, pada acara Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun di Lapangan Silang Monas Jakarta

Produk inovasi kesehatan yang diluncurkan oleh Gubernur DKI di antaranya e-jiwa, DBDKlim serta Jak-Track, dan salah satu produknya yakni DBDKlim, yang merupakan hasil kerja sama dengan BMKG.

DBDKlim menghasilkan peta berdasarkan iklim, dimana peta ini menunjukkan prediksi rata-rata kelembaban udara di wilayah Jakarta juga presentase tingkat keyakinannya yang kemudian dibagi menjadi 3 yakni: tinggi, sedang, dan rendah.

Selain itu DBDKlim juga menghasilkan peta angka DBD skala bulanan untuk 3 bulan ke depan di Provinsi DKI Jakarta, dimana prediksi dibagi menjadi tiga kategori, hijau artinya aman, orange wasapada, dan merah artinya awas. Tiap kategori memiliki tingkat penanganan yang berbeda untuk mengurangi penambahan jumlah kasus DBD di wilayah Jakarta dan Peringatan dini DBD berbasis iklim ini dapat diakses di http://dbd.bmkg.go.id.

Selanjutnya, informasi ini juga akan diintegrasikan pada sistem informasi di Dinkes DKI Jakarta. PEDULI IKLIM STOP DBD. (bmkg.go.id)

 

Zuri Hotel
Back to Home