Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:20 WIB | Selasa, 30 September 2014

LDNU Cilacap: Waspadai Upaya Gantikan Ideologi Pancasila

RAPIMNAS LTM NU Regional V Provinsi Jawa Barat. (Foto:pcnu-bandung.com)

CILACAP, SATUHARAPAN.COM Cilacap – Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Cilacap, Jawa Tengah, mengimbau warga kabupaten itu,khususnya generasi muda, untuk mewaspadai berbagai gerakan yang berupaya menggantikan ideologi Pancasila dengan ideologi lain.

"Bagi NU, ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan harga mati, mutlak harus ditegakkan," kata Wakil Ketua LDNU Cilacap Mochammad Taufick Hidayatulloh di Cilacap, Selasa (30/9).

Saat ini, katanya, banyak gerakan yang berupaya menggantikan ideologi Pancasila dengan pemahaman lain.

Bahkan, kata dia, banyak pula di antaranya yang berkedok atau membawa nama Islam dalam gerakannya.

Menurut dia, Cilacap merupakan salah satu daerah yang rentan terhadap gerakan-gerakan tersebut.

"Oleh karena itu, kami dalam tiga bulan terakhir gencar melaksanakan sosialisasi di kecamatan-kecamatan guna menumbuhkan wawasan kebangsaan," kata dia yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengundang para kiai dan imam masjid untuk ikut serta menanamkan wawasan kebangsaan, khususnya terkait dengan empat pilar bangsa, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

"Kami mengajak masyarakat untuk mewaspadai berbagai gerakan yang berupaya menggantikan ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya di Indonesia," katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cilacap Imam Yudianto mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang NKRI dan kebhinekaan kepada masyarakat melalui berbagai organisasi kemasyarakatan.

"Kami menggandeng ormas untuk meningkatkan pengertian NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Dia mengimbau warga untuk mewaspadai tamu-tamu asing di lingkungan masing-masing, dan segera melapor jika ada kegiatan yang mencurigakan. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home