Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:17 WIB | Senin, 13 Februari 2017

Legenda Jazz Al Jarreau Meninggal dalam Usia 76 Tahun

Al Jarreau ketika tampil di acara yang digelar UNESCO di Paris, Prancis. (Foto: VOA)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Musisi jazz-pop yang dikenal dengan hits Breakin Away, We're in This Love Together dan sejumlah lagu yang juga menjadi sangat terkenal dalam serial televisi tahun 1980an Moonlighting, meninggal dunia hari Minggu (12/2) dalam usia 76 tahun, di sebuah rumah sakit Los Angeles, hanya beberapa hari setelah mengumumkan pensiun dari musik.

Menurut keterangan di akun Facebook dan Twitter-nya yang dilansir situs voaindonesia.com, Al Jarreau meninggal sekitar pukul  9 pagi. Istri, putra, dan beberapa temannya, ikut berada di sampingnya ketika ia mengembuskan napas terakhir.  

Sepanjang kariernya, Al Jarreau yang dijuluki sebagai The Acrobat of Scat, telah merilis lebih dari 20 album dan menjadi ikon musik jazz dunia, karena semangat dan penampilannya di berbagai panggung musik hingga akhir hayatnya.

Al Jarreau baru mundur dari panggung pertunjukan pekan lalu setelah dirawat di rumah sakit akibat kelelahan. Hal ini disampaikannya secara terbuka melalui Twitter tanggal 8 Februari lalu.

Alwynn Lopez Jarreau yang lahir di Milwaukee pada 12 Maret 1940, meraih gelar master dalam bidang vocational rehabilitation dari Universitas Iowa. Ia pindah ke San Fransisco, dan justru terjun ke dunia musik bersama seorang musisi yang kemudian juga dikenal sebagai musisi jazz legendaris, George Duke.

Ayahnya, yang berasal dari New Orleans, adalah pendeta Advent, dan ibunya adalah seorang guru piano. Jarreau menyanyikan lagu gospel di gereja dan di sudut-sudut jalan. Ia banyak menyerap gaya musik yang hidup di sekeliling rumahnya. Sejak kecil ia mendengarkan penyanyi Nat King Cole, Billy Eckstine, Sarah Vaughan, dan Ella Fitzgerald, tapi yang sangat berpengaruh pada jazz scatnya adalah artis Jon Hendricks dan penyanyi balada Johnny Mathis.

Pada tahun 2007, ia memenangkan dua Grammy untuk rekaman yang dibuat dengan gitaris George Benson, Givin 'It Up. Bahkan saat memasuki usia 70-an, Jarreau tetap memenuhi permintaan rekaman di studio rekaman dan melakukan konser di seluruh dunia.

Al Jarreau meraih prestasi lewat keberhasilan menembus tujuh kali nominasi Academy Award versi musik berirama jazz, pop dan R&B.

Sepanjang rentang kariernya bermusik ia terus-menerus mengadakan tur musik, menghasilkan lebih dari 20 album, dan mendominasi tangga lagu R&B. Beberapa lagunya antara lain We're in This Love Together, Your Precious Love, dan Trouble in Paradise, menjadi hit di Amerika dan dunia.

Selama karier yang membentang lebih dari 40 tahun, seperti dikutip dari rollingstone.com, Jarreau berkolaborasi dengan artis seperti George Benson, Jill Scott, David Foster, David Sanborn, Chick Corea, dan banyak tokoh jazz lain.

Selain memenangkan tujuh Grammy, sebagian besar dalam kategori Jazz Vocal Performance, penjualan albumnya yang berjudul Breakin' Away, pada 1981 telah terjual lebih dari 1 juta kopi. Nominasi Grammy yang terakhir diperoleh pada tahun 2013 untuk kategori Best Jazz Vocal Album (Live), Best Instrumental Arrangement Accompanying Vocalist Spain (I Can Recall), dan Best Children's Album JumpinJazz Kids - A Swinging Jungle Tale.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home