Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:40 WIB | Jumat, 25 Agustus 2017

Lembar Teks “Eleanor Rigby” Karya The Beatles Dilelang

Sir Paul McCartney dan Ringo Starr, dua anggota The Beatles yang tersisa. (Foto: Rock 95)

CHESHIRE, SATUHARAPAN.COM – Karya cipta lagu bertulisan tangan asli The Beatles, Eleanor Rigby, yang dtandatangani Sir Paul McCartney, diajukan untuk dilelang di Cheshire bulan depan. Barang itu akan dilelang bersama-sama sejumlah barang lain yang terkait dengan lagu tersebut, meskipun secara kebetulan.

Lembar karya cipta musik itu ditulis dengan pensil oleh produser lama The Beatles, George Martin, dengan lirik buah karya Paul McCartney, anggota The Beatles yang masih hidup hingga kini, selain drummer Ringo Starr. Diperkirakan lembar musik itu akan laku terjual £ 20.000 (setara dengan Rp343 juta) pada lelang di Warrington pada bulan September.

Bersama lembar karya cipta musik itu dilelang juga sebuah batu nisan bertuliskan nama “Eleanor Rigby” di Liverpool, yang diduga berada di halaman gereja tempat John Lennon dan Paul bertemu di sebuah pesta pada tahun 1957. Barang lain adalah sebuah Alkitab bertahun 1899, yang bertuliskan nama Eleanor Rigby.

Kedua barang terakhir yang dilelang, terkait dengan sosok wanita yang sungguh-sungguh bernama Eleanor Rigby, yang diajukan untuk dijual oleh kerabatnya. Wanita itu selama ini secara luas dianggap sebagai sosok yang menginspirasi The Beatles, namun John Lennon dan Paul McCartney bersikeras bahwa Eleanor Rigby yang ada dalam lagu mereka benar-benar fiktif. Nama itu hanyalah sebuah kebetulan, sama seperti datangnya barang-barang itu, yang secara kebetulan datang pada waktu bersamaan.

“Setiap barang fantastis, unik, dan penting dalam sejarah, jadi memiliki keduanya yang muncul pada saat bersamaan adalah sebuah kebetulan yang luar biasa,” kata Paul Fairweather dari Omega Auctions dalam sebuah pernyataan. “Saya berharap ada penawaran sengit dari seluruh dunia.”

Lagu nomor satu yang ada di album Revolver yang dirilis 1966 itu, juga muncul di film Yellow Submarine (1969),  dan dinyanyikan penyanyi lain, di antaranya Ray Charles (1968) dan Alice Cooper (2014). Album tersebut direkam di Abbey Road Studio di London seperti yang tercantum pada item pelelangan, yang juga mengungkapkan perincian instrument yang mengirinya, mencakup empat biola, dua viola, dan dua cello.

Lelang Memorabilia Beatles akan berlangsung pada 11 September 2017. (contactmusic.com)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home