Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 15:17 WIB | Sabtu, 23 Februari 2019

Lenyapnya Sejumlah Spesies Hewan dan Tanaman Ancam Persediaan Makanan

Direktur Badan Pangan Dunia (FAO) Jose Graziano da Silva. (Foto: Access to Seeds Index)

PBB, SATUHARAPAN.COM – Masa depan persediaan pangan ‘sangat terancam’ sebab jumlah hewan dan spesies tanaman lenyap dengan cepat, kata laporan PBB pada hari Jumat (22/2), sementara dunia bergelut bagaimana memberi makan penduduk yang terus bertambah.

Orang bergantung pada spesies yang semakin berkurang untuk pangan, kata Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), membuat sistem produksi rentan pada goncangan seperti pes atau penyakit, kemarau serta peristiwa ekstrem lain terkait cuaca akibat perubahan iklim.

Walaupun ada sekitar 6.000 spesies tumbuhan yang dapat digunakan untuk pangan, kurang dari 200 yang umumnya dimakan, dan hanya sembilan yang menghasilkan sebagian besar jumlah pangan dunia, kata FAO dalam laporan pertama sejenis dalam mengkaji biodiversitas sistem pangan.

“Hilangnya keanekaragaman hayati bagi pangan dan pertanian sangat merongrong kemampuan untuk memberi makan penduduk dunia yang terus bertambah,” kata direktur FAO Jose Graziano da Silva dalam sebuah pernyataan.

“Kita perlu menggunakan biodiversitas dalam bentuk bersinambung supaya dapat memberi tanggapan yang lebih baik terhadap perubahan iklim dan memproduksi pangan dalam cara tidak merugikan alam lingkungan,” katanya. (Voaindonesia.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home