Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:59 WIB | Sabtu, 28 Februari 2015

Leonard Nimoy: Bintang 'Star Trek' Meninggal

Leonard Nimoy:  Bintang 'Star Trek' Meninggal
Leonard Nimoy: bintang film 'Star Trek' meninggal pada usia 83 tahun. (Foto: nytimes.com)
Leonard Nimoy:  Bintang 'Star Trek' Meninggal
Lenoard Nimoy saat mendapat gelar kehormatan dari Universitas Boston, 20 Mei 2012. (Foto: Reuters)

BEL-AIR, CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM - Leonard Nimoy, yang terkenal dengan karakter ioniknya sebagai Mr Spock dalam film  "Star Trek," meninggal pada usia 83 tahun, demikian menurut cucu aktor tersebut dan agennya Bob Gersh kepada ABC news.

"Dia adalah orang yang luar biasa, terkenal tidak hanya untuk akting dan sutradara, tetapi juga untuk fotografi, koleksi seni kontemporer, dan kontribusi filantropi sangat murah hati dan mendukung seni," kata Gersh.

Nimoy, yang berperan sebagai perwira pertama William Shatner, pada film “Captain Kirk on the Starship Enterprise” meninggal Jumat  (27/2) pagi di Bel-Air, California, menurut cucunya Madeleine Nimoy.

Anaknya Adam mengatakan, ia meninggal karena penyakit paru kronis.

"Aku mencintainya seperti saudara. Kita semua akan kehilangan humor, bakat, dan kemampuannya untuk mencintai," kata rekannya di film Star Trek William Shatner dalam tweetnya.

Nimoy adalah seorang veteran angkatan darat Amerika Serikat, yang lahir di Boston, Massachusetts  pada awal tahun 1950-an, Ia bekerja pada serial TV seperti "The Silent Service," "Broken Arrow "dan" Dragnet."

Akan tetapi debutnya sebagai Mr Spock di tahun 1960-an "Star Trek" yang telah membuatnya menjadi legenda.

Pertama kali Mr Spock muncul di layar TV pada tahun 1966 dan ia sebagai pilot dalam film "Star Trek", pada tahun 1969.

Setelah karir yang panjang dan sukses dalam film Star Trek," Nimoy,  membawakan kembali peran terkenal di tahun 2009. Yakni  ulangan film "Star Trek," dan sekuel terakhirnya yaitu, "Star Trek to the Darkness" pada tahun 2013. Zachary Quinto memainkan versi muda Spock.

Nimoy adalah lebih dari sekedar seorang aktor,  dia menjadi pengisi suara untuk film "Transformers: Dark of the Moon" dan sebagai Dr William Bell pada film seri klasik lain "Fringe."

Nimoy, memulai karirnya sebagai guru akting di Hollywood, dan menjadi penulis, dalam otobiografinya yang berjudul, "I Am Not Spock" pada tahun 1975 dan "I am Spock" pada tahun 1995. Selain berperan pada lebih dari 130 film, Ia juga sebagai sutradara pada banyak film termasuk  “Three man and the baby” yang dibintangi Tom Selleck dan Ted Danson, dan pada beberapa serial "Star Trek".  Nimoy juga berperan sebagai dirinya sendiri dalam Futurama, dan Ancient Mysteries.

Di tengah-tengah semua kesuksesannya, Nimoy kembali ke sekolah dan memperoleh gelar master dari Antioch University Austin, kemudian memperoleh gelar doktor kehormatan.

Nimoy telah menikah dua kali, istri pertamanya artis Sandra Zober yang meninggal pada tahun 1987, dan terakhir Susan Bay.

Nimoy memiliki  seorang putri dan seorang putra yang bernama Julie dan Adam Nimoy. Putranya mengikuti jejak ayahnya menjadi sutradara episode di "NYPD Blue," "Gilmore Girls" dan "The Practice. (abcnews.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home