Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:08 WIB | Minggu, 15 Desember 2013

Liga Prancis: Para Skuad PSG Senang Setelah Atasi Rennais

Ibrahimovic (kaus putih, PSG) berduel bola di udara dengan salah seorang bek Rennais kaus merah hitam) (foto: psg.fr)

RENNES, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah skuad Paris Saint Germain (PSG) menyatakan diri tim asal ibu kota Paris tersebut superior di atas tim-tim liga Prancis lainnya, hal ini dikemukakan sejumlah personel dan pelatih PSG pada Minggu (15/12) dini hari WIB di Stadion de la Route Lorient, Rennais seusai pertandingan PSG menghadapi Rennais.

PSG menghajar tuan rumah Stade Rennais 1-3, lewat gol-gol yang dicetak Motta, Ibrahimovic, dan Cavani.

Pelatih Laurent Blanc berkomentar bahwa kemenangan adalah harga pantas dan timnya dua tingkat di atas tuan rumah Stade Rennais.

“Saya kira ini kemenangan penting dan layak. Anak-anak bermain amat baik, dengan atau tanpa bola. Kami mencetak tiga gol di laga tandang, jadi kami bisa sangat bahagia dengan performa tim malam ini,” kata mantan pelatih Bordeaux tersebut.

Blanc mengatakan juga bahwa kunci kemenangan lainnya adalah anak asuhnya berhasil mengendalikan penguasaan bola, dan apabila PSG dibiarkan menguasai bola terlalu lama maka PSG akan sulit dikalahkan.

“Kami tidak memberikan Stade Rennais banyak peluang untuk mencetak gol. Mayoritas penguasaan bola ada pada kami dan secara umum menggunakannya dengan baik. Saat kami memasukkan semua elemen itu dalam sebuah pertandingan seperti ini, kami sangat sulit dikalahkan,” menurut Blanc.

Senada dengan Blanc, salah satu pencetak gol PSG, Thiago Motta mengatakan dia dan rekan-rekannya menunjukkan kendali permainan dengan sangat baik, dan melakukan hal seperti ini di kandang lawan bukan perkara mudah bagi PSG.

"Kami bermain sangat baik malam ini. Tim menunjukkan kontrol hebat selama hampir sepanjang 90 menit. Kami menekan amat baik dan mengambil peluang yang ada. Untuk gol saya, bola datang kembali kepada saya setelah sepak pojok. Saya mengontrol dan sepakan saya berakhir di pojok bawah gawang. Itu gol hebat, tapi yang paling penting tim mendapatkan tiga poin. Itu yang dihitung,” kata Motta.

Salah satu gelandang bertahan PSG yang sekaligus andalan kesebelasan nasional Prancis, Blaise Matuidi mengatakan saat ini yang penting adalah dia dan rekan-rekannya tetap fokus,dan tidak panik walau hanya kebobolan satu gol pun.

“Satu lagi kemenangan penting yang membawa kami ke jalur kemenangan setelah kekalahan dari Evian (Liga Prancis) dan Benfica (Liga Champions Grup C). Kami memenangkannya dengan gaya. Secara keseluruhan kami tampil sangat bagus. Saat mereka mencetak gol dan membuat kedudukan 2-1, kami tidak panik. Kami tetap fokus. Itu sebabnya kami bisa mencetak gol lagi di akhir,” tutur Matuidi.

Matuidi tidak ingin terlalu bergembira dengan rekan-rekannya sebagai juara paruh musim (champion d’hiver) tetapi dia ingin menetapkan target jangka panjang sebagai juara Liga Prancis.

“Kami harus menetapkan tujuan antara sekarang sampai akhir tahun dan berharap meraihnya agar bisa menikmati liburan,” lanjut Matuidi.

Pada pertandingan dini hari tadi, PSG mendapatkan peluang pertama lewat tendangan bebas Zlatan Ibrahimovic di menit ketujuh, sayang sekali bola hasil eksekusi Ibrahimovic arahnya hanya menyamping tipis di sebelah kanan gawang Rennais. Padahal kiper Rennais, Costil hanya terdiam menyaksikan bola melesat.

Beberapa menit setelah itu, dua pemain PSG, Verratti dan Lavezzi memainkan yang diakhiri dengan dijatuhkannya Ezequiel Lavezzi oleh salah seorang bek Rennais. Akan tetapi wasit Stephane Lannoy hanya memberikan sepak pojok. Tendangan penjuru yang terjadi pada menit ke-19 itu berhasil dimentahkan salah seorang bek Rennais, Hountondji, tapi bola malah tepat ke kaki gelandang PSG asal Italia, Thiago Motta yang kemudian melewati pemain belakang Rennais, Romain Alessandrini sebelum dia menendang bola kencang yang arahnya melengkung dari ujung kotak penalti mengarah ke dalam jala Rennais.

Klub ibu kota ini berada dalam jalur kemenangan di Liga Prancis, karena statistik mencatat setiap mereka mencetak gol pembuka dalam laga kandang, PSG selalu menang. Sebaliknya, Rennes selalu kalah bila kebobolan terlebih dahulu.

Saat babak kedua dimulai Matuidi dijatuhkan di koak terlarang oleh Hountondji, dan PSG diberi hadiah penalti, Zlatan Ibrahimovic sukses menjadi eksekutor dari titik penalti karena berhasil mengelabui kiper Rennais, Costil pada menit ke-52.

Romain Alessandrini membuka harapan bagi tuan rumah. Tendangan bebas penyerang Rennais pada menit ke-67 tersebut melewati pagar hidup dan menaklukkan kiper PSG, Salvatore Sirigu.

Ketika laga hendak berakhir, rekan Ibrahimovic di lini depan PSG, Cavani mengamankan keunggulan Paris, sebelumnya dia mendapat umpan dari salah satu gelandang PSG, Verratti yang menyodorkan umpan kepada Cavani yang berada di sisi kiri.

Cavani melewati seorang bek Rennes sebelum melepaskan tendangan ke sisi kiri gawang Costil 3-1 (90+1').

Hasil pertandingan lainnya: Stade Rennais 1-3 PSG, AC Ajaccio 1-2 FC Lorient, Evian TG 1-1 Stade de Reims, En Avant Guingamp 0-2 AS Monaco FC, FC Nantes 1-2 Toulouse FC, OGC Nice 1-0 FC Sochaux-Montbelliard. (psg.fr/soccerway.com)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home