Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:19 WIB | Minggu, 09 Agustus 2020

Lima Akhir Pekan Warga Rusia Gelar Protes Penahanan Gubernur Sergei Furgal

Seorang pria memainkan akordion saat bergabung bersama sejumlah warga yang melakukan aksi anti Kremlin dan menentang penangkapan gubernur Sergei Furgal yang ditahan atas tuduhan pembunuhan, di Khabarovsk, Rusia, hari Sabtu (8/8/2020). (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 3.000 orang mengikuti unjuk rasa di Kota Khabarovsk, Rusia bagian timur, pada hari Sabtu (8/8) untuk memprotes sikap Presiden Vladimir Putin dalam menangani krisis politik lokal, terkait dengan penahanan gubernur.

Warga Khabarovsk, kota yang letaknya sekitar 6.110 kilometer dan memiliki perbedaan waktu tujuh jam dari ibu kota Moskow, menggelar aksi selama lima akhir pekan berturut-turut untuk menentang penahanan Sergei Furgal, gubernur wilayah yang sangat dekar dengan masyarakatnya.

Furgal ditangkap pada 9 Juli lalu dalam kaitannya dengan kasus pembunuhan 15 tahun lalu, dan ia bantahnya. Para pengunjuk rasa juga mempermasalahkan mengapa Furgal ditahan di Moskow.

Para pendukung Furgal menyebut penahanan itu dilandasi oleh motif politik, sehingga memicu unjuk rasa selama beberapa pekan. Protes tersebut juga menambah beban Pemerintah Rusia yang tengah disibukkan dengan masalah ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Otoritas setempat memperkirakan jumlah masyarakat yang ikut turun ke jalan untuk berunjuk rasa ini sekitar 2.800 orang, lebih sedikit dibandingkan aksi pada pekan-pekan sebelumnya.

Gambar unjuk rasa ini menunjukkan orang-orang membawa poster bertuliskan "Kembalikan Furgal kepada kami" dan "Pergilah bersama penindasan". (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home