Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 07:44 WIB | Jumat, 11 September 2020

Lima Pekan Berturut-turut Jakarta Berstatus Zona Merah

Peta zona risiko COVID-19. (Foto: covid19.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Jakarta selama lima pekan terakhir berstatus zona merah COVID-19, menurut Satgas Penanganan COVID-19, dalampernyataan hari Kamis (10/9).

Selain itu, dikatakan bahwa sejauh ini ada 18 daerah yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak awal. Yakni di tingkat provinsi ada DKI Jakarta dan Sumatera Barat. Tingkat kota/kabupaten ada 16, yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Pekanbaru, Kota Tegal, Kota Makassar, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi. 

"Saat ini yang masih menjalankan PSBB adalah DKI Jakarta dan Banten. Sedangkan Kabupaten/kota, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok. Seluruh kabupaten/kota ini PSBB berakhir pada 29 September," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

Terkait Jakarta yang menjadi sorotan, diketahui akhir-akhir ini terjadi peningkatan kasus. Dari grafiknya, pada saat sebelum PSBB, kasusnya relatif masih rendah. Pada PSBB tahap 1, 2 dan 3 kasusnya relatif terkendali. "Saat PSBB Transisi kasusnya cenderung meningkat dari waktu ke waktu," kata Wiku. 

Selama lima pekan terakhir DKI Jakarta, kota-kotanya, memang dalam kondisi zona merah. Kondisi ini relatif berlangsung tetap merah, kecuali beberapa ada yang pernah turun ke zona oranye dan kembali menjadi merah. Hal ini menunjukkan kondisi dengan tingkat penularan yang cukup tinggi, maka dari itu perlu pengetatan.

"PSBB ini sudah harus kita lakukan sejak awal untuk menekan persebaran dan kematian, tetapi kondisi itu belum sempurna. Kita harus menerima kenyataan ini, kita harus mundur satu langkah, untuk bisa melangkah kembali kedepan dengan lebih baik," katanya.

Peta zona risiko yang dilansir Satgas di situsnya, saat ini ada 70 kabupaten/kota dengan zona merah (tinggi), 267 kabupaten/kota dengan zona oranye (sedang) dan 114 kabupaten/kota dengan zona kuning (rendah) dan 63 kabupaten/kota zona hijau. 

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home