Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Belinda Aurelia 02:15 WIB | Selasa, 03 Juli 2018

Lima Tips Agar Liburanmu Lebih Produktif

Ilustrasi. Puluhan murid sekolah dasar melihat pesawat Hercules A-1328 yang mendarat di Lanud Soewondo, Medan, Sumatra Utara, Kamis (16/3/2017). Kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Dirgantara 2017 tersebut juga sebagai sarana edukasi tentang kedirgantaaran. (Foto: Antara)

SATUHARAPAN.COM - Ada banyak hal yang dapat dilakukan teman-teman yang ingin mengisi waktu luang di kala liburan. Daripada mengisi waktu dengan aktivitas repetitif seperti menonton dan tidur, berikut ini 5 tips yang bisa kalian lakukan agar lebih produktif semasa liburan:

 

Internship

Internship atau magang adalah program pengalaman kerja yang ditawarkan perusahaan kepada para calon tenaga kerja. Berkisar antara 2 minggu sampai 6 bulan, magang akan sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin merasakan lingkungan kerja yang sebenarnya. Program ini dapat memberikan kesempatan untuk memperluas koneksi dan pergaulan yang bisa mempermudah proses mencapai cita-citamu. Sertifikat magang pun dapat menambah poin plus resume atau CV untuk mendaftar ke perusahaan ke depannya. 

 

Part-time Job

Dibandingkan magang yang cenderung lebih formal, mungkin beberapa kalian akan lebih memilih part-time untuk menambah uang saku. Dalam bekerja paruh waktu, kita bisa belajar untuk berhadapan langsung dengan pelanggan serta melatih kemampuan berkomunikasi. Akun Instagram @idstudentjob menyediakan banyak peluang pekerjaan yang bisa kalian coba; tersedia untuk yang baru lulus SMA juga lho!

 

Blogging

Aktivitas yang sedang tenar diperbincangkan oleh kawula muda ini merupakan kegiatan menulis melalui media blog. Kontennya dapat bervariasi, dari yang formal seperti artikel atau karya ilmiah sampai yang informal seperti fashion, kuliner, dan lifestyle. Blogging adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang tidak ingin terikat dengan badan atau organisasi formal namun ingin menyalurkan ide-ide kreatif serta hobi menulis. Blogspot atau Wordpress bisa dicoba, tuh.

 

Volunteer Social Work

Selain membantu teman-teman yang membutuhkan, menjadi sukarelawan juga dapat meningkatkan keterampilan yang belum pernah kita pelajari sebelumnya, seperti mengajar atau mengorganisir suatu kegiatan. Lebih penting lagi, dengan melihat keluar dan membantu orang-orang kesulitan, kita bisa belajar untuk selalu bersyukur atas berkat Tuhan. Hidup menjadi lebih berarti ketika peduli dengan kesulitan orang lain dan senantiasa menolong sesama.

 

Mengikuti Workshops dan Seminar

Saat ini, pelatihan khusus seperti baking class, cake decorating class, atau entrepreneurship class sangat mudah ditemui. Selain sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan, melalui workshop kita juga dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat serupa. Seminar tak jauh berbeda; mendengarkan tips dan pengalaman dari para professional dapat bermanfaat besar bagi karir kita. Contohnya saja untuk merintis bisnis start-up. Nah, bagi yang bingung mau cari info workshop di mana, coba intip @maubelajarapa! (PR)

Penulis adalah Alumni SMAK 8 Penabur

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home