Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 11:55 WIB | Rabu, 27 Agustus 2014

LIPI Anugerahkan Inventor Award Tiga Penemuan Baru

Gedung LIPI Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan. (Foto: Chongkian/wikipedia.org)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganugerahkan Inventor Award kepada tiga penemuan baru yang berpengaruh signifkan bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat umum. Ketiga invensi baru tersebut adalah “Proses Pembuatan Antibiotik”, “Ester Kalanon untuk Obat Antikanker Usus dan Leukimia”, dan “Alat Pengambil Contoh Material Laut”.

Penghargaan tersebut, seperti dikutip dari siaran pers Senin (25/8) diberikan LIPI dalam rangkaian puncak peringatan ulang tahun ke-47, sebagai apresiasi bagi penelitinya yang berjasa dalam menghasilkan penemuan baru.

Inventor Award merupakan penghargaan yang diberikan atas jasa peneliti LIPI memunculkan hasil penelitian yang telah dipatenkan dan bermanfaat bagi masyarakat sekaligus mendorong produktivitas penelitian lain. Kepala LIPI Prof Dr Lukman Hakim menggarisbawahi pemberian penghargaan tersebut diharapkan memperkuat upaya LIPI dalam meningkatkan pemanfaatan hasil-hasil riset untuk khalayak luas.

Inventor Award diberikan kepada tim penelitian atau peneliti  perorangan. Untuk penemuan baru proses pembuatan antibiotik, tim peneliti yang berkontribusi adalah Prof Dr Muhammad Hanafi, Prof Dr Leonardus Broto Sugeng Kardono, Dr Linar Zalinar Udin, MSi, Dr Tjandrawati, MEsScDU, dan Ir H Roy Heru Trisnamurti MSc.

Tim peneliti yang menghasilkan riset obat antikanker adalah Prof Dr Muhammad Hanafi, Dr Linar Zalinar Udin, MSi, Prof Dr Leonardus Broto Sugeng Kardono, serta Andrianopsyah Mas Jaya Putra MSi.

Khusus hasil penelitian alat pengambil contoh material laut, peneliti yang berkontribusi adalah Pahala Sihombing.

Selain memberikan penghargaan bagi peneliti, dalam puncak perayaan HUT LIPI juga menyerahkan sertifikat ISO 9001:2008 kepada satuan kerja (Satker) LIPI, antara lain Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Purwodadi, Pusat Inovasi, Biro Kerja Sama Hukum dan Humas (BKHH), serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Informasi dan Teknologi (BIT).

Kepala LIPI mengapresiasi perolehan sertifikat ISO tersebut. “Hal ini membuktikan LIPI sangat serius dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai standar nasional dan internasional yang sekaligus merupakan bagian dari implementasi Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan LIPI,” Lukman menegaskan.

Dalam perayaan kali ini, LIPI juga memberikan penghargaan kepada sivitas yang telah berdedikasi mengabdikan diri bagi LIPI. Penghargaan diberikan melalui penyematan Satya Lencana Karya Satya dengan masa kerja 10, 20 dan 30 tahun. Acara Peringatan HUT ke-47 LIPI sendiri digelar pada Selasa (26/8) di Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI. (lipi.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home