Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:43 WIB | Senin, 11 Juni 2018

LIPI Gandeng ERIA Perkuat Kapasitas Penelitian

Ilustrasi. (Foto: aurora.edu.au)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), Jepang, sebagai upaya peningkatan kapasitas penelitian dan efektivitas penyebaran hasil-hasil penelitian, lembaga.

“Kami berharap dengan adanya kerja sama ini bisa meningkatkan kerja sama kelembagaan antara LIPI dan ERIA di bidang akademik untuk memperkuat kapasitas penelitian dan efektivitas penyebaran hasil penelitian,” kata Kepala LIPI Laksana Tri Handoko pada pendatanganan MoU di Jakarta, Kamis (7/6).

Handoko mengatakan, bentuk kerja sama LIPI-ERIA meliputi analisis penelitian bersama dan proyek penelitian kolaboratif, joint event seperti seminar, simposium, dan kuliah, kegiatan knowledge sharing termasuk lokakarya dan program pertukaran, publikasi bersama, dan hal-hal ilmiah terkait.

Presiden ERIA, Hidetoshi Nishimura menjelaskan, peran ERIA adalah melakukan penelitian dan analisis kebijakan untuk memfasilitasi pembangunan Masyarakat Ekonomi ASEAN, mempromosikan integrasi ekonomi yang luas dan pembangunan berkelanjutan di Asia Timur, serta berkontribusi untuk mempersempit kesenjangan pembangunan di kawasan itu.

“Penelitian kami juga mencakup berbagai bidang kebijakan, seperti perdagangan dan investasi, globalisasi, promosi UKM, pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur, serta energi dan lingkungan,” ujar Nishimura.

Sebagai informasi, kerja sama LIPI dengan ERIA pada awalnya diusulkan setelah kunjungan yang dilakukan ke ERIA pada tahun 2017. Pada tahun itu kerja sama LIPI-ERIA disepakati dalam bentuk MoU, dan diinisiasi oleh Puslit Perkembangan Iptek (Pappiptek) LIPI.

Pappiptek LIPI pernah membuat Letter of Agreement dengan ERIA terkait pelaksanaan survei yang dilakukan pada tahun 2015. Saat itu, LA berfokus pada case study research yang dilakukan di negara-negara ASEAN dengan topik mengenai science, technology and innovation. Dalam hal ini, tim Pappiptek LIPI melakukan case study research untuk kasus industri di Indonesia. (lipi.go.id)

Editor : Sotyati

Back to Home