Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:53 WIB | Kamis, 28 Maret 2019

LIPI Luncurkan Buku Keanekaragaman Tumbuhan Pulau Sempu dan Ekosistemnya

LIPI luncurkan buku Keanekaragaman Tumbuhan Pulau Sempu dan Ekosistemnya. (Foto: lipi.go.id)

MOJOKERTO, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Timur, pada Selasa (26/3) meluncurkan buku Keanekaragaman Tumbuhan Pulau Sempu dan Ekosistemnya di Bumi Perkemahan Tahura Raden Soerjo, Mojokerto, Jawa Timur.

Pulau Sempu menurut Wikipedia adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa, secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis ini adalah cagar alam yang dikelola Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di bawah KLHK.

“Penerbitan buku tersebut merupakan salah satu upaya untuk turut menyediakan informasi yang lengkap dan komprehensif mengenai keanekaragaman tumbuhan Pulau Sempu dan status konservasi serta ekosistemnya,” kata Ketua Kelompok Penelitian Kajian Flora Pulau Kecil Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI, Ridesti Rindyastuti.

Ridesti menjelaskan, buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian selama kurun waktu tahun 2015 sampai 2016. “Buku ini merupakan dokumentasi ilmiah yang lengkap dan terkini mengenai keanekaragaman tumbuhan Sempu dan ekosistemnya,” kata Ridesti. 

Selain itu, buku itu juga menyajikan deskripsi tumbuhan, status konservasi, potensi tumbuhan yang berguna, serta gangguan ekologis yang menjadi ancaman keberadaan ekosistem di Sempu.

Ia berharap buku itu dapat menjadi rujukan ilmiah bagi para akademisi, ilmuwan, dan pemangku kebijakan dalam pengelolaan kawasan konservasi Cagar Alam Pulau Sempu dan menjadi sumbangsih bagi pengembangan ilmu biologi, ekologi, serta konservasi tumbuhan.

“Penerbitan buku ini juga diharapkan dapat mewujudkan cita-cita global dalam upaya melindungi sumber daya hayati dan mendukung pemanfaatannya secara berkelanjutan,” kata Ridesti.

Buku Keanekaragaman Tumbuhan Pulau Sempu dan Ekosistemnya dapat diperoleh di aplikasi Bukupedia melalui tautan https://www.bukupedia.com/id/book/id-134088/keanekaragaman-tumbuhan-pulau-sempu-dan-ekosistemnya.html. (lipi.go.id)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home