Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:30 WIB | Minggu, 05 Juli 2015

LIPI: Potensi Biomassa Masih Dimanfaatkan 5 Persen

Biomassa. (Foto:: ptpjb.com)

BENGKULU, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan, potensi biomassa Indonesia yang mencapai 50 gigawatt masih termanfaatkan sebesar 5 persen.

"Potensinya sangat besar tapi pemanfaatan masih sangat kecil," kata Kepala Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Budi Koswara di Bengkulu, Sabtu (6/5).

Saaat meninjau operasi pengembangan Instalasi Pengolahan Limbah Komunal berbasis biogas di kota Bengkulu, Budi mengatakan pemanfaatan biomassa sangat strategis untuk mengurangi konsumsi energi fosil yang terbatas.

Apalagi, pemerintah Indonesia menargetkan penggunaan energi terbarukan sebesar 23 persen, untuk memenuhi kebutuhan energi nasional pada 2025.

Pengembangan instalasi pengolahan limbah, dari kotoran manusia dan ternak, untuk menghasilkan biogas akan terus dikembangkan di berbagai wilayah sesuai potensi yang ada.

"Pengembangan instalasi pengolahan limbah komunal menjadi salah satu program yang kami kembangkan, termasuk untuk pondok pesantren," katanya.

Pengembangan biogas, yang cukup berhasil dengan sistem instalasi pengolahan limbah komunal, serta ditambah dengan pemanfaatan kotoran sapi ada di Pondok Pesantren Saung Balong di Majalengka, Jawa Barat.

"Mereka memiliki ratusan ternak sapi dan kotorannya dimanfaatkan untuk biogas, kalau ingin skala besar sebaiknya studi banding dulu," katanya. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home