Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 06:49 WIB | Rabu, 13 Mei 2015

LIPI Temukan 6 Spesies Baru

LIPI Temukan 6 Spesies Baru
Peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) yang tergabung dalam Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menemukan enam spesies baru di Gunung Tambora. Ekspedisi yang dilakukan 16-30 April 2015 dalam rangka memperingati 200 Tahun Meletusnya Gunung Tambora itu melibatkan 48 orang, yang mendata dan mengoleksi potensi keragaman hayati di Gunung Tambora. (Foto-foto: Dedy Istanto)
LIPI Temukan 6 Spesies Baru
Peneliti Pusat Peneltian (Puslit) Biologi LIPI yang juga Ketua Tim Ekspedisi NKRI Dr Cahyo Rahmadi saat mempresentasikan enam spesies baru yang ditemukan dalam perjelajahan di Gunung Tambora.
LIPI Temukan 6 Spesies Baru
Beberapa jenis satwa yang ditemukan dalam Ekspedisi NKRI yang berhasil didata selama perjalanan di Gunung Tambora dalam rangka memperingati 200 tahun meletusnya gunung tersebut.
LIPI Temukan 6 Spesies Baru
Dua jenis cicak yang dinyatakan sebagai spesies baru yang ditemukan Tim Ekspedisi NKRI di Gunung Tambora, Sumbawa.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan enam spesies baru di Gunung Tambora, Pulau Sumbawa. Penemuan baru itu disampaikan dalam jumpa pers yang digelar di kantor LIPI di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (12/5) oleh tim yang tergabung dalam Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang melakukan eksplorasi kekayaan hayati untuk memperingati 200 tahun meletusnya Gunung Tambora.

Tim Ekspedisi NKRI yang mengoleksi dan mendata potensi di Tambora menemukan beberapa spesies yang diyakini merupakan spesies baru. Di antaranya dua jenis cicak yang masuk dalam kategori reptil, dua spesies kupu-kupu malam, dan dua spesies kalacemeti.

Ketua Tim Ekspedisi NKRI yang juga peneliti biologi LIPI Dr Cahyo Rahmadi mengatakan penemuan satwa baru itu diperoleh tim selama melakukan pendataan jenis-jenis satwa. Tim yang terbagi dalam empat kelompok itu berhasil mendata 46 jenis burung yang tiga di antaranya merupakan jenis burung migrasi, serta 21 jenis reptil dan empat amfibi.

Ekspedisi NKRI yang dilakukan sejak 16 sampai dengan 30 April 2015 tersebut diikuti 48 orang, 16 orang dari LIPI, tujuh orang dari Tim NKRI, enam orang dari Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Bima Dompu, dan masyarakat setempat.

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home