Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 17:47 WIB | Sabtu, 20 September 2014

Lithuania, Polandia dan Ukraina Bentuk Brigade Gabungan

Menteri Pertahanan Ukraina Valeriy Heletey (kanan), mitranya Tomasz Siemoniak dari Polandia (tengah) dan Menteri Pertahanan Lithuania Juozas Olekas (kiri) bersalaman setelah penandatanganan sebuah perjanjian mengenai pembentukan brigade militer gabungan di Belweder Palace, Warsawa pada 19 September 2014. (Foto: AFP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM – Lithuania, Polandia dan Ukraina pada Jumat (19/9) menandatangani sebuah perjanjian untuk membentuk brigade gabungan yang bertujuan memodernisasi militer Ukraina dalam menghadapi pemberontak di wilayah timur negara tersebut.

“Ini menunjukkan komitmen mendalam kami untuk mendukung kapabilitas pertahanan dan keamanan wilayah kami, saat situasi menjadi makin berbahaya,” ujar Presiden Polandia Bronislaw Komorowski setelah menteri pertahanan dari tiga negara itu menyetujui perjanjian tersebut di Warsawa.

Brigade yang disebut Litpolukrbrig itu terdiri dari beberapa ribu tentara yang sudah ditugaskan sejak 2007, namun penandatanganan perjanjian tersebut muncul bersamaan dengan kekhawatiran yang melanda negara-negara Eropa timur yang pernah dikuasai Moskow itu.

Polandia dan tiga negara Baltik, yang meliputi Lithuania, merasa terancam sejak Rusia menganeksasi semenanjung Crimea pada Maret dan terus mewaspadai perannya dalam konflik di Ukraina.

Sebagai respons, aliansi pertahanan NATO – yang meliputi negara-negara Baltik dan Polandia – mengumumkan sebuah unit reaksi cepat dalam sebuah pertemuan di Wales sebelumnya pada bulan ini. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home