Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 02:55 WIB | Kamis, 02 Juli 2020

Luhut Minta Pejabat Jadi Contoh Membeli Produk Dalam Negeri

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, meminta jajaran pejabat negara dan daerah membeli produk buatan dalam negeri UNTUK mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Dalam peluncuran kampanye #SemuanyaAdaDisini yang merupakan bagian dari Gerakan itu digelar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) secara daring, pada hari Rabu (1/7). Dan dia menekankan pemerintah harus jadi contoh nyata mendukung gerakan tersebut.

"Tiap pejabat di pusat dan daerah harus dapat secara nyata menunjukkan keberpihakannya dan menjadi role model dan membeli produk dalam negeri untuk kebutuhan pribadinya," kata Luhut.

Disebutkan pemerintah harus mengoptimalkan realisasi anggaran paket pengadaan sebesar Rp321 triliun bagi usaha mikroi, kecil dan menengah sebesar total Rp 783 triliun pada 2020 melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Kepala LKPP, Roni Dwi Susanto, mengatakan hingga 15 Juni 2020, terdapat 380.474 pelaku usaha yang telah partisipasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sebanyak 44 persen atau 167.278 usaha merupakan pelaku usaha kecil.

Sebanyak 52,5 persen dari Rp 2.209 triliun dana APBN-APBD dialokasikan untuk belanja pengadaan. Sampai Juni, baru 62,4 persen kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang mencantumkan sistem rencana umum pengadaannya. (Ant)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home