Google+
Loading...
HAM
Penulis: Melki Pangaribuan 12:24 WIB | Selasa, 05 April 2016

Luhut Pandjaitan: Buat Apa Berunding dengan ULMWP?

Menkopolhukam, Luhut B. Pandjaitan, berfoto bersama sejumlah menteri Fiji (Foto: akun Facebook Luhut B. Pandjaitan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menkopolhukam, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia tidak akan berunding dengan organisasi yang mengklaim sebagai perwakilan rakyat Papua, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Luhut Pandjaitan beranggapan ULMWP bukan sebuah negara yang dapat menjadi mitra runding, melainkan hanya sebuah organisasi.

"Ah, kita ngapain berunding sama dia (ULMWP)? Kita negara, dia apa? Dia kan hanya organisasi gitu," kata Luhut Pandjaitan kepada wartawan satuharapan.com, Melki Pangaribuan, ketika ditemui di sebuah acara KADIN, di Jakarta, hari ini (5/4).

Menurut Luhut, pemerintah kini sedang merancang penyelesaian Papua secara holistik. Ia menambahkan, Presiden sudah memerintahkan untuk menuntaskan masalah Papua dengan pendekatan yang terintergrasi.

Luhut juga mengabaikan peranan organisasi negara-negara Pasifik Selatan, Melanesian Spearhead Group (MSG) yang selama ini mengharapkan adanya misi pencarian fakta ke Papua terkait pelanggaran HAM di pulau paling timur Indonesia itu.

"MSG, kita enggak ada urusan sama dia. Kita sekarang kan associate member. Kita lagi melihat. Dan saya kemarin sudah ketemu dengan Perdana Menteri Fiji dan  kita jelaskan posisi kita. Dan mereka membuka peluang untuk kita menjadi full member MSG. Kita sedang pertimbangkan bagaimana kalau itu bisa terjadi," kata Luhut.

Ia juga menegaskan bahwa sejumlah negara Pasifik Selatan sudah memberikan dukungan, di antaranya Fiji.

Editor : Eben E. Siadari

Back to Home