Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 11:17 WIB | Minggu, 23 November 2014

Lukisan Karya Hitler Terjual Rp 1,95 M

Lukisan Karya Hitler Terjual Rp 1,95 M
Lukisan cat minyak berjudul Standesamt und Altes Rathaus München lukisan balai kota Munchen pada 1914. (Foto: dw.de)
Lukisan Karya Hitler Terjual Rp 1,95 M
"A. Hitler" tanda tangan Hitler terlihat pada lukisan berjudul "Standesamt und Altes Rathaus München." (Foto: usatoday/Michael Probst).

FRANKFURT, SATUHARAPAN.COM - Sebuah lukisan cat air yang dibuat seabad lalu oleh Adolf Hitler saat masih remaja terjual seharga 130.000 euro (sekitar Rp 1,95 miliar) pada Sabtu (22/11) dalam pelelangan di kota Nuremberg, Jerman selatan.

Pembeli luksian berjudul "Standesamt und Altes Rathaus München" itu meminta identitasnya untuk dirahasiakan, menurut balai lelang Weidler.

Lukisan balai kota Munchen pada 1914 dijual oleh dua bersaudari, yang kakeknya pernah membeli lukisan itu pada 1916, saat Hitler berusia 20-an. Karyanya berukuran 28x22cm.

Sebagai seniman muda pemula, Hitler mendaftar ke Vienna Academy of Art namun ditolak. Namun dia terus melukis, meniru gambar-gambar dari kartu pos yang ia jual kepada para turis. 

Para pakar menganggap karyanya memiliki kualitas jelek dan sebagian besar balai lelang umumnya menolak untuk menjual lukisan karya mendiang diktator Nazi tersebut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home