Loading...
BUDAYA
Penulis: Fung Siauw 00:00 WIB | Selasa, 19 Maret 2013

Lumpur Lapindo di Atas Kanvas Dipo Andy

Lumpur Lapindo di Atas Kanvas Dipo Andy
Salma Hayek dalam lukisan lumpur Dipo Andy (dok. Salihara)
Lumpur Lapindo di Atas Kanvas Dipo Andy
Zhang Zi Yi dalam salah satu karya lukis Dipo Andy (dok. areamagz.com)
Lumpur Lapindo di Atas Kanvas Dipo Andy

"Ciprat..ciprat…bak seorang dukun, seperti bocah yg sedang bermain lumpur sang pelukis menuangkan idenya diatas kanvas. Sepeda onta tahun jebot dan kamera foto, menjadi sahabatnya ketika menangkap sudut-sudut bumi yg rusak."

Itulah sepenggal kurasi atas karya lukis Dipo Andy yang sedang dipamerkan di Salihara dengan judul Kundalini Bumi yang masih berlangsung sejak 2 Maret hingga 2 April 2013 mendatang. 

Mahasiswa seni jebolan Institut Seni Iindonesia Yogyakarta ini mencoba menggabungkan kecanggihan teknik cetak digital, foto satelit, dan seni lukis terlibat dalam lukisannya. Dengan menambah foto tokoh –tokoh terkenal seperti Obama, Bunda Theresia, Celine Dion, Soekarno, Mau Tse Tung, hingga Marilyn Monroe di balik cipratan lumpur Lapindo, yg diambil langsung dari lokasi bencana Sidoarjo. Hasilnya adalah campuran warna yg memukau.

Sepertinya, Dipo ingin menyuarakan usaha penyelamatan bumi yg rusak akibat ulah manusia dan bencana alam kepada figur-figur terkenal dunia, mengingat masih minimnya usaha manusia akan kepedulian terhadap bumi.

Selain lukisan abstrak, Dipo yang termasuk sebagai satu dari lima pemenang Philip Morris Indonesia Art Award tahun 1999 itu juga juga melukis ulang figur-figur terkenal di dunia olahraga, film dan seni lainnya. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home