Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 21:29 WIB | Jumat, 30 Januari 2015

Lurah Susan Jasmine: Saya Rindu Kali

Lurah Gondangdia Susan Jasmine Zulkifli saat terjun langsung menertibkan PKL di Jalan Thamrin pekan lalu. (Foto: Dok.Susan Jasmine)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lurah Gondangdia Susan Jasmine Zulkifli mengaku rindu ‘terjun’ ke kali. Pasalnya, saat menjadi Lurah Lenteng Agung dulu, perempuan penyuka warna ungu ini gemar blusukan ke kali Ciliwung. Bahkan, ia sempat bekerja sama dengan Kopassus untuk membuat lomba membersihkan sungai Ciliwung dari sampah plastik.

“Saya kangen dengan kali. Di sini nggak ada kali,” begitulah kalimat yang dilontarkan Lurah Susan kepada satuharapan.com  di Kantor Kelurahan Gondangdia pada Jumat (30/1) sore.

Tak melulu fokus soal kali, Lurah Susan yang kini bertugas ring satu ini tetap akan melancarkan program 5T Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yakni  tertib hunian, tertib berlalu lintas, tertib PKL, tertib demo, dan tertib buang sampah.

“Karena di sini nggak ada kali, jadi di sini kami fokusnya ke pedagang kaki lima. Kebetulan dari 5T ini saya sudah jalani tertib PKL, hunian, kebersihan,” kata Susan.

Untuk penertiban pedagang kaki lima yang telah dijalankannya pekan lalu, Susan turut terjun ke lapangan dan bertemu langsung dengan pedagang tersebut.

Sementara untuk mekanisme penertiban PKL, Susan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan Pemprov.

“Sebelumnya sudah ada sosialisasi bulan Desember. Saya masuk tanggal 2 Januari. Lalu saya bersurat tiga kali dua puluh empat jam. Saya cantumin dalam surat itu Perda nomor 8 Tahun 2007 Pasal 25 Tentang Ketertiban Umum,” katanya.

“Saya ikut mantau, ikut lihat, kadang-kadang kalau saya agenda, ada tim yang tetap kasih laporan,” Susan menambahkan.

Menurutnya, di Kelurahan Gondangdia ini fokus utama yang harus ditata ialah persoalan sosial dan lingkungan, seperti banyaknya Pedagang Kaki Lima (PKL), Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan Joki Three in One.

Sementara itu, perihal persoalan lalu lintas, Lurah Susan bersama jajarannya telah beberapa kali menertibkan parkir motor liar di sekitar Jalan Thamrin.

“Sudah beberapa kali dikempesin, tapi belum jera juga. Nanti ada operasi gabungan, sama Dishub, Polsek untuk tindak lanjut ditilang,” ujarnya. 

Baca juga:

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home