Google+
Loading...
FOTO
Penulis: Reporter Satuharapan 16:52 WIB | Rabu, 13 Juni 2018

Macedonia Ganti Nama Jadi Republik Macedonia Utara

Macedonia Ganti Nama Jadi Republik Macedonia Utara
Cendera mata dengan bendera dan nama Macedonia dipamerkan di Skopje, Macedonia, 10 Januari 2018.(Foto-foto: VOA)
Macedonia Ganti Nama Jadi Republik Macedonia Utara
Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras memberikan pidato yang disiarkan melalui televisi secara nasional, di Athena, 12 Juni 2018. (Foto: Kantor Perdana Menteri Yunani)
Macedonia Ganti Nama Jadi Republik Macedonia Utara
Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera dan poster dalam demonstrasi menentang penggunaan kata "Macedonia" untuk nama negara tetangga di sebelah utara, di Kota Thessaloniki, Minggu, 21 Januari 2018.
Macedonia Ganti Nama Jadi Republik Macedonia Utara
Skopje, Macedonia.

ATHENA, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Yunani dan Macedonia mengatakan mereka telah menyepakati nama baru Macedonia menjadi “Republik Macedonia Utara”.

Kesepakatan tersebut mengakhiri perselisihan pahit selama 27 tahun yang membuat negara bekas Yugoslavia itu tidak dapat bergabung dengan badan internasional seperti NATO.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dan Perdana Menteri Macedonia Zoran Zaev menyampaikan pengumuman itu segera setelah berbicara melalui telpon. Nama baru ini akan digunakan baik di dalam maupun di luar negeri, sementara Macedonia juga akan mengubah konstitusinya sebagai bagian dari perjanjian itu.

Yunani telah lama menuntut agar Macedonia mengubah atau memodifikasi namanya untuk menghindari klaim apapun atas wilayah dan warisan peninggalan kawasan Macedonia di bagian utara Yunani, yang merupakan tempat kelahiran Alexander the Great.

Sebelumnya ribuan warga Macedonia tidak menghiraukan badai salju untuk turun ke jalan menuntut pemerintah mundur dari perundingan dengan Yunani mengenai nama ‘Macedonia’.

Bekas Republik Yugoslavia itu mempunyai nama yang sama dengan satu daerah di Yunani utara dan kedua negara sudah mempertengkarkan soal nama itu sejak Macedonia merdeka pada 1991.

Pawai pada Selasa (27/2), di pusat Kota Skopje berjalan damai kecuali bendera Yunani dibakar dan pemerotes meneriakkan ‘Macedonia’. Sebagian peserta mengatakan mengganti nama negara itu bahkan memodifikasinya sajadalam kesepakatan dengan Yunani akan sama dengan melakukan penghiatan.

Banyak orang Yunani mengatakan,membiarkan negara tetangga mereka itu menggunakan nama Macedonia menghina sejarah Yunani dan tersirat seolah-olah mengklaim wilayah Yunani.

Para pemimpin Yunani dan Macedonia sudah berunding mencari penyelesaian karena upaya PBB bertahun-tahun tidak berhasil. Beberapa nama-nama yang diusulkan adalah Macedonia Baru, Macedonia Hulu atau Macedonia Utara.

Macedonia sudah mengubah nama bandara utamanya dari Alexander the Great (nama pahlawan Yunani kuno) menjadi Bandara Internasional Skopje. Yunani masih mengganjal usaha Macedonia untuk menjadi anggota NATO dan Uni Eropah gara-gara pertikaian soal nama tersebut.(VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home